Ketua MPR: Pancasila Merangkul Bukan Memukul

img
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Foto: Google.

Harianmomentum-- Pancasila yang dipahami dan dijalankan dengan benar tidak akan menjadi alat memukul, sebaliknya akan menjadi alat merangkul.

Demikian disampaikan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam pidato kunci Sosialisasi Empat Pilar MPR pada pengurus dan anggota Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) di Gedung Nusantara V, Komplek Parlemen, Jakarta, Sabtu (20/5).

"Dengan Pancasila kita saling merangkul, bukan memukul. Kita mengajak pada kebaikan bukan mengejek," ungkap Zulkifli, dikutip RMOL.CO.

Karena itu, ia menolak segala bentuk pemahaman Pancasila yang menyudutkan serta menyalahkan sesama anak bangsa.

"Kalau tidak ikut satu kubu, maka dianggap anti Pancasila. Kalau tidak bersama memilih salah satu calon, dianggap anti kebhinnekaan. Ini pemahaman yang salah," sayangnya.

Zulkifli berharap setelah Pilkada Jakarta termasuk Pilkada di daerah lain, tidak ada lagi dendam dan permusuhan sesama saudara atau sesama anak bangsa.

"Pilkada itu kompetisi sesama anak bangsa. Sekarang sudah selesai tim sukses sudah tidak ada. Saatnya rekonsiliasi dan bersatu," tukasnya.

Sementara Ketu Umum PB Perti Basri Bermanda dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Ketua MPR RI Zulkifli Hasan atas kemurahan hati bagi Perti melaksanakan acara di MPR.

"Pak Zul sampaikan kepada kami bahwa MPR sebagai rumah rakyat selalu terbuka bagi PERTI. Saya kira inilah yang kita butuhkan pemimpin yang merakyat dan aspiratif. Terima kasih Pak Zul," kata Buya sapaan akrab Basri Bermanda. (Red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos