Jelang Ramadhan, Harga Pangan Dipastikan Stabil

img
Ilustrasi

Harianmomentum--Kementerian Pertanian memastikan harga bahan pangan tetap stabil menjelang masuknya bulan suci Ramadhan.

"Tidak akan ada gejolak harga pangan, karena ketersediaan stok masih sangat cukup," ungkap Menteri Pertanian Amran Sulaiman kepada wartawan, Minggu (21/5), dikutip RMOL.CO.

Dia menjelaskan, komoditas bawang putih yang sebelumnya mengalami lonjakan harga di pasar saat ini sudah mulai terkendali. Menurut Amran, kembali stabilnya harga bawang putih tidak lepas dari upaya kepolisian yang menangkap dan menindak pelaku penimbunan bahan pangan, seperti halnya penimbunan bawang putih beberapa waktu lalu.

Dengan ditangkapnya para penimbun bawang putih maka harga komoditas itu di tingkat distributor turun jauh. Di mana, semula dijual Rp 45.000 per kilogram saat ini menjadi Rp 10.000 - Rp 23.000 per kilogram.

"Jadi, mulai saat ini kita sepakat tidak ada lagi harga di atas Rp 23 ribu. Kalau ditemukan maka akan kita cabut izinnya untuk berdagang," ujar Amran. 

Dia mengakui jika pada dua hari lalu harga bawang putih sempat mencapai Rp 50.000 per kilogram. Saat ini harga di tingkat konsumen diperkirakan Rp 30.000 per kilogram. Selain bawang putih, posisi harga untuk semua kebutuhan pangan seperti cabai, bawang, beras telur, ayam, dan daging juga akan stabil. 

"Sinergi ini menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Harga stabil insya Allah sampai Idul Fitri," tegas Amran. (Red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos