Nuansa Islami Warnai Pemilihan Muli Mekhani Lamsel

img
Juara pertama Muli Mekhanai Lamsel Tahun 2017

Harianmomentum--Berbeda dengan tahun sebelumnya, pemilihan muli (gadis) mekhanai (bujang) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) tahun 2017 terlihat lebih bernuansa Islami. 

 

Seluruh peserta muli mengenakan busana hijab. Hal tersebut sesuai dengan permintaan Bupati Zainudin Hasan yang dikatakan saat menyampaikan sambutan pembukaan malam grand final pemilihan tersebut.

 

"Saya telah berpesan kepada Kepala Dinas Pariwisata, agar seluruh peserta mengenakan busana yang menutup aurat, terutama para muli. Ini sesuai permintaan masyarakat, “ kata Zainudin membarikan sambutan malam Grand Final pemilihan Muli Mekhanai Lamsel tahun 2017 yang dihelat di pusat wisata kuliner Dermaga Boom Kalianda, Jumat (19/5).

 

Menurut dia, penggunaan busana yang menutup aurat itu bertujuan menumbuhkankembali nilai-nilai moral yang saat ini semakin terkikis di tengah masyarakat, terutama pada kalangan generasi muda.

   

Selain itu, bupati juga memberikan masukan kepada panitia pelaksana agar menambahkan persyaratan seleksi perserta muli mekhanai, berupa wajib bisa membaca kitab suci Al Quran.

   

“Penduduk Kabupaten Lamsel mayoritas beragama Islam. Alangkah indahnya, jika laki-laki dan perempuan bisa mengaji, apalagi di usia muda. Insyaallah tahun berikutnya bisa ditambahkan syarat seleksi ini," harapnya.

 

Bupati juga berharap, kedepan pelaksanaan pemilihan dikemas lebih baik lagi, agar dapat memaksimal pencapaian tujuan sebagai bagian dari even promosi wisata dan budaya.       

 

"Kegiatan ini punya nilai jual sebagai sarana promosi wisata dan budaya. Karane itu, tahun depan hendaknya dikemas lebih baik lagi, mulai dari sisi promosi dengan memansang iklan melalui media massa , hingga konsep acara pelaksanaan. Mudah-mudahan dapat meningkatkan minat wisatawan untuk datang ke Lampung Selatan,“  terangnya.

 

Chavina  perwakilan Sani Decoration dan M. Zulian Muzaribi dari Kecamatan Bakauheni terpilih sebagai pasang Muli (gadis) Mekhanai (bujang) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) tahun 2017.

 

Chavina dan Zulian keluar sebagai juara pertama even tahunan itu setelah menyisihkan 19 pasangan lainnya pada malam grand final pemilihan muli mekhanai  Lamsel tahun 2017.

  

Atas perstasi itu, keduanya berhak menyandang predikat  sebagai duta pariwisata Kabupaten Lamsel tahun ini.

 

Selain juara pertama dewan juri juga menetapkan pasangan muli mekhanai  yang meraih juara II dan seterusnya. Juara kedua Muli Mekhanai Lamsel  Tahun 2017  diraih: Risma Putri Mauli dari Kecamatan Rajabasa dan Divson Zulfansyah dari Kecamatan Waysulan.

 

Juara III:  Oktavia Karlina dan Reza Fernando Kecamatan Penengahan. Juara Harapan I kategori muli, Yanti Rukmana Sari dari Kecamatan Katibung.

 

Juara Haparan II muli mekhanai, Okta Bitian Indah dan Izat Fahmi  dari Dinas Lingkungan Hidup.

 

Sedangkan, Kintan Mutiar  Sami dari Kecamatan Merbaumataram dan  Rahman Habibi dari Kecamatan Candipuro meraih juara Harapan III.

 

Kategori Muli-Mekhanai Persahabatan: Ayu Dwi Lestari  dari Dinas PP dan PA serta Adurahman Saleh  dari Kecamatan Palas.

 

Kategori Muli-Mekhanai Intelegencia: Ananda Sifa Dela Rizki dari Dinas PP dan PA dan Jarendra Nisma  dari Kecamatan Kalianda.

 

Kategori Muli-Mekhanai Berbakat: Okta Bitian Indah dari Dinas Lingkungan Hidup dan Andika Pratama  dari Kecamatan Ketapang.

 

Kategori Muli-Mekhanai Fotogenic: Widia Molika dari Kecamatan Waysulan dan Orlando Farzola Kecamatan Waypanji.

 

Kategori Muli-Mekhanai Favorit: Elin Meliani dari Kecamatan Tanjungsari dan Ferdi Arjuno dari Dinas Perumahan dan Pemukiman

 

Dewan juri terdiri dari: Laila Husna (designer), Khoirudin Winangun (Ikatan Muli-Mekhanai Lampung), Haifa Ghaida (Miss Indonesia Lampung 2017), Yundi Nayadilaga (Grand Elty), Roslina (Juri Kehormatan / Wakil Ketua DPRD Lamsel)

 

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil BupatiNanang Ermanto  dan jajaran forum komunikasi pimpinan daerah serta para pejabat pemkab setempat. (bob)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos