ITERA akan Gelar Pengamatan Hilal

img
Foto: Google.

Harianmomentum--Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadan 1438 H, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) akan melakukan pengamatan hilal atau hari pertama jatuhnya bulan puasa pada Jumat (26/5).

 

“Selama ini pengamatan hilal untuk melihat awal Ramadan dan Idul Fitri kebanyakan hanya melibatkan Kementerian Agama atau MUI," kata Rektor ITERA Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD. 

 

Menurut dia, dengan kegiatan itu pihkanya ingin masyarakat juga paham dan memiliki pengetahuan tentang apa itu hilal dan langsung ikut mengamatinya menggunakan teleskop milik Observatorium Astronomi ITERA Lampung.

 

"Pengamatan hilal itu akan dilakukan secara terbuka/umum bagi masyarakat di daerah ini," kata Rektor.

 

Sebelumnya, ITERA Lampung menyelenggarakan Seminar dan Workshop Visibilitas Hilal di Aula kampus ITERA, Selasa (23/5). Selain itu, pada 26 Mei 2017 mulai pukul 15.00 WIB, ITERA juga akan menyelenggarakan pengamatan hilal dan kegiatan ini terbuka untuk umum.

 

Seminar dan Workshop Visibilitas Hilal dihadiri puluhan peserta yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, dan tamu/undangan. 

 

Kegiatan tersebut menghadirkan empat narasumber yakni Kepala LAPAN Prof Dr Thomas Djamaluddin, Kepala Observatorium Boscha Dr Mahasena Putra, Perwakilan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung Hamdun Baihaqie, MHI, dan Dosen UIN Raden Intan Lampung Drs Said Jamhari MKomI. 

 

Peserta tampak antusias mendengarkan materi dari para narasumber tentang penetapan awal puasa maupun informasi teknis mengenaicara melihat hilal.(Red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos