Bupati Dendi Lepas 51 Umat Budha Wisata Rohani Dharmayatra

img
Pelepasan wisata rohani umat Budha Dharmayatra oleh Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona. Foto: Doy (H-Momen)

Harianmomentum -- Bupati Pesawaran, Dendi Romadhona melepas 51 peserta wisata rohani Dharmayatra umat Budha tahun 2017 dari tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran.  

 

Pelepasan umat Budha Dharmaytra yang digelar diaula kantor bupati Pesawaran, Senin (10/7), berasal dari Kecamatan Tegineneng, Kecamatan Negeri Katon dan Kecamatan Teluk Pandan.

 

Dendi mengatakan, bahwa kegiatan religius tersebut harus dimanfaatkan dengan baik demi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat Budha.

 

"Kegiatan ini harus dimanfaatkan dengan baik,meningkatkan keimanan dan mengedepankan toleransi," ujar Dendi. 

 

Dendi menjelaskan, toleransi yang dimaksud adalah harus menjadi pluralisme dalam beragama, sehingga memiliki kekuatan kebersamaan.

 

"Saya mau toleransi bisa menjadi pluralisme beragama. Peran aktif umat budha pada lingkungan sangat diharapkan. Sepulangnya wisata rohani dari pulau jawa, harus bisa menumbuhkan rasa peduli yang lebih baik," katanya. 

 

Dia juga menerangkan, bahwa keberangkatan umat Budha Dharmayatra ini, adalah biaya masyarakat yang dilakukan melalui pemerintah kabupaten. "Yang memberangkatkan adalah masyarakat, untuk itu tolong doakan agar masyarakat Pesawaran bisa lebih makmur aman dan sejahtera," pintanya. 

 

Ketua rombongan, Panditho Sumarsono menuturkan bahwa, 51 peserta Dharmayatra tersebut akan mengunjungi wihara dan candi yang ada di Pulau Jawa. "Kita akan mengunjungi wihara dan candi yang ada di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perjalanan ini akan menempuh waktu sembilan hari, " jelasnya.

 

Dia juga menuturkan, bahwa keberangkatan rombongan Dharmayatra tersebut juga, untuk meningkatkan keimanan dan keyakinan umat.

 

"Kita melakukan Dharmayatra ini, untuk lebih meningkatkan keimanan dan keyakinan. Kita berharap, saudara-saudara kita yang berangkat ini akan mampu menjadi panutan bagi yang lainnya, baik dalam bersosial maupun beribadah," tuturnya. 

 

Terpisah, Razak selaku Kepala Bagian (Kabag) Bina Mental dan Spritual Setdakab Pesawaran mengungkapkan, bahwa kegiatan wisata rohani umat budha ini merupakan agenda tahunan pemkab setempat. Masing-masing peserta dianggarkan Rp3,5 juta perorang selama perjalanan wisata rohani tersebut.

 

"Termasuk ada uang penginapan, transport, uang saku dan untuk membeli oleh-oleh," ungkapnya. (doy)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos