Bupati Lampura Berharap UKW Cetak Wartawan Profesional

img
Bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara menyampaikan sambutan pada pembukaan UKW angkatan XI di Hotel Graha Wisata, Kotabumi, Senin (24/7). Foto: Yansen

Harianmomentum--Sebanyak 53 wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XV yang diselenggarakan PWI Lampung  Utara (Lampura) di Hotel Graha Wisata, Kotabumi, Senin (24/7).

 

Para peserta UKW tersebut terbagi menjadi beberapa tingkatan.  Yakni 42 orang tingkat muda, 4 orang tingkat madya dan 7 orang tingkat utama. 

 

UKW yang akan berlangsung selama dua hari itu, dibuka oleh Bupati Lampura, Agung Ilmu Mangkunegara.  Pembukaan dihadiri Ketua Bidang Daerah PWI Pusat, Atal S. Depari, Plt. Ketua PWI Lampung, Nizwar, Sekretaris PWI Lampung, Adi Kurniawan dan jajarannya, Ketua PWI Lampura, Jimmy Irawan serta unsur Forkopimda setempat.

 

Bupati mengapresiasi terselenggaranya UKW ini. Menurutnya setiap profesi tentunya harus memiliki standar kualifikasinya yang harus diujikan. Karena standar kualifikasi profesi tersebut sangat menentukan keprofesionalitas seorang wartawan untuk mampu menyajikan berita sesuai fakta, etika  dan kebenaran yang ada. 

 

"Saat ini banyak sekali beredar berita hoax yang bisa membuat gaduh dan berpotensi membunuh karakter lembaga atau individu. Ini semua menjadi tantangan kita semua dan saya yakin PWI mampu karena standar keprofesionalan itu ada dalam tubuh PWI," ujar Agung.

 

Agung pun berharap agar kegiatan UKW ini tidak sebatas formalitas belaka. Karena melalui ranah UKW ini akan menentukan kualitas para insan pers kedepan. "Yang namanya ujian tentu ada yang lulus dan tidak. Kalo lulus semua, ya buat apa kegiatan ini. Dan saya berharap akan ada lulusan wartawan yang benar-benar profesional dan mari kita bergandengan tangan untuk membangun daerah," serunya. (ysn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos