Gubernur Lampung Terima Penghargaan Penanganan Konflik Sosial

img
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menerima penghargaan Penanganan Konflik Sosial Tahun 2016 dari Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo. Foto: dok. H-momen

Harianmomentum-- Kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dalam penanganan konflik sosial dinilai berhasil.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menempatkan Lampung pada posisi pertama dari 10 provinsi di Indonesia yang meraih penghargaan penanganan konflik sosial tahun 2016.

Pengharggaan tersebut diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo pada Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial. Kegiatan berlangsung di Ball Room Hotel Bidakara, Jakarta Selata, Rabu (15/3).

Sembilan provinsi lain yang menerima penghargaan itu, secara berurut: Kalimantan Timur, Jawa Timur, Jambi, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Nanggroe Aceh Darussalam. 

Kemudian: Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Kepulauan Bangka Belitung dan Sumatera Selatan.

Kesepuluh provinsi itu dinilai berhasil mengatasi gejolak konflik serta membangun keamanan dan ketertiban masyarakat.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri Soedarmo mengatakan pembentukan tim terpadu penanganan konflik dilatarbelakangi banyaknya permasalahan di daerah yang memicu konflik sosial.

Dia mencontohkan, masalah yang memicu timbulnya konflik sosial: sengketa pemilihan kepala daerah, sengketa lahan dan persoalan pendirian rumah ibadah.

"Adanya permasalah, seperti pemilihan kepala daerah, pendirian rumah ibadah, sering engakibatkan stabilitas keamanan di daerah, tidak kondusif," kata  Soedarmo. 

Dia menjelaskan, dasar hukum pembentukan tim terpadu penanganan konflik sosial adalah Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri.

Gubernur Lampung M Rido Ficardo melalui rilis humas pemprov setempat menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajarannya dan masyarakat atas diraihnya pengharggan tersebut.

Menurut dia, keberhasilan penanganan konflik sosial di Provinsi Lampung tidak akan berhasil tanpa dukungan dan peran aktif seluruh elemen pemerintah dan masyarakat. (rls)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos