Perekonomian Lampung Tumbuh Diatas Rata-rata Sumatera

img
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Yeane Irmaningrum saat ekpose pertumbuhan ekonomi Lampung. Foto: Ira

Harianmomentum--Perekonomian Lampung triwulan II tahun 2017 tumbuh 5,03 persen. Angka ini lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi Se-Sumatera yang sebesar 4,09 persen.

Pertumbuhan ekonomi Lampung itu melambat dibanding triwulan yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 5,24 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha pengadaan listrik dan gas; informasi dan komunikasi; konstruksi; transportasi dan pergudangan; serta penyediaan akomodasi dan makan minum.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Yeane Irmaningrum menjelaskan, dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT) sebesar 13,98 persen, diikuti oleh pertumbuhan komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) sebesar 11,82 persen, dan komponen ekspor sebesar 10,80 persen.

"Ekonomi Lampung triwulan II tahun 2017 mengalami peningkatan 4,29 persen dibandingkan triwulan sebelumnya (q-to-q). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi juga dicapai oleh lapangan usaha pengadaan listrik dan gas sebesar 16,77 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah sebesar 22,54 persen," ungkap Yeane dalam rilis di BPS Provinsi Lampung, Senin (7/8).

Yeanne mengatakan, perekonomian Provinsi Lampung triwulan II tahun 2017 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 79,36 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 55,98 triliun.

Sementara ekonomi Lampung Semester I tahun 2016 (c-to-c) tumbuh 5,08 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha pengadaan listrik dan gas sebesar 30,87 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi sebesar 15,92 persen.

Lebih lanjut Yeanne mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi wilayah Pulau Sumatera triwulan II tahun 2017 tumbuh sebesar 4,09 persen dengan pertumbuhan tertinggi di Provinsi Bangka Belitung yang tumbuh 5,36 persen. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos