Deputi Kementerian KUMKM Resmikan Gedung PLUT-KUMKM

img
Peresmian gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT-KUMKM) Provinsi Lampung di PKOR WayHalim, Rabu (9/8). Foto: Istimewa

Harianmomentum--Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UMKM (KUMKM), Yuana Sutyowati meresmikan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT-KUMKM) Provinsi Lampung di PKOR WayHalim, Rabu (9/8).


Yuana menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Gubernur Lampung Ridho Ficardo atas dukungan dan komitmennya dalam pelaksanaan program pemberdayaan KUMKM, khususnya komitmen untuk melaksanakan program pendampingan KUMKM melalui peran PLUT-KUMKM dalam rangka peningkatan produktivitas dan daya saing Koperasi dan UMKM.


Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengatakan, untuk membangun koperasi diperlukan kebersamaan. Sebab, pada hakikatnya koperasi dibentuk karena ada kepentingan dan tujuan bersama.


"Saya bersyukur keberadaan koperasi sudah mencapai usia 70 tahun pada 12 Juli lalu. Untuk itu diharapkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan harus diutamakan agar koperasi semakin tumbuh kuat," ungkapnya.


Bachtiar menjelaskan, PLUT-KUMKM adalah lembaga yang menyediakan jasa non- finansial yang menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) yang bertujuan meningkatkan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses ke pembiayaan, pengembangan SDM melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan, teknis dan manajerial, serta kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM.


Berdasarkan data yang dimiliki, Provinsi Lampung saat ini memiliki sekitar 5.300 unit koperasi, namun yang aktif hanya 3.017 unit dengan serapan tenaga kerja berjumlah 7.266 orang. (ira)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos