Siapkan 500 Personel Polresta Maksimalkan Pospam Amankan Idul Adha

img
Kapolresta Bandarlampung Kombes Murbani Budi Pitono saat meninjau kesiapan pelayanan serta keamanan Terminal Induk Rajabasa.Foto:Agung Dharma Wijaya.

Harianmomentum--Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandarlampung maksimalkan pos pengamanan dan pos pantau untuk memastikan keamanan perayaan Idul Adha 1438 Hijriyah berjalan dengan lancar.

 

Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Murbani Budi Pitono mengatakan, pihaknya akan menyiapkan tiga pos pengamanan, satu pos pantau dan satu pos pelayanan.

 

“Terminal Rajabasa kita akan tempatkan pos pelayanan secara terpadu,” ujar Murbani saat melakukan pengecekan kelayakan kendaraan di Terminal Rajabasa Bandarlampung, Senin (28/8).

 

Dia mengatakan, Polresta Bandarlampung secara resmi menurunkan 500 personel untuk membantu mengamankan jalannya perayaan Idul Adha.

 

“Kita juga meminta bantuan dari TNI, Dinas Perhubungan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanan hari raya qurban tersebut,” tuturnya.

 

Dia menjelaskan pengaman tersebut akan berlangsung selama empat hari, yakni H-1 sampai H+2 Idul Adha.

 

Selain melakukan pengamanan, lanjut dia, pihaknya juga melakukan pengecekan kelayakan terhadap kendaraan angkutan umum, baik di stasiun, terminal maupun pelabuhan.

 

Dia juga mengimbau kepada perusahaan-perusahaan angkutan umum untuk melakukan pengecekan kelengkapan dan kelayakan terhadap kendaraan-kendaraan yang akan digunakan masyarakat.

 

“Ini untuk antisipasi agar tidak terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh faktor kendaraan dan manusianya,sehingga masyarakat akan merasa aman dan nyaman saat menaiki angkutan umum,” harapnya.

 

Sementara itu, Kepala Terminal A Rajabasa Bandarlampung Mustikawati mengatakan tidak ada persiapan khusus menjelang perayaan Idul Adha 1438 Hijriyah.

 

“Kalau persiapan khususnya tidak ada, karena Idul Adha sama seperti hari libur biasa, tapi kita tetap melakukan pengecekan disetiap kendaraan,” ujar Mustikawati.

 

Dia menjelaskan, untuk jumlah bus angkutan lebaran sejauh ini masih cukup karena tidak akan terjadi penumpukan kendaraan seperti Idul Fitri.

 

“Saya rasa cukup, karena penumpangnya tidak seramai seperti Idul Fitri, dan untuk bus bantuan tetap kita siapkan,” jelasnya.

 

Ia menuturkan, sampai saat ini jumlah penumpang masih normal, namun diperkirakan pada Kamis (31/8) mendatang jumlah penumpang akan mengalami kenaikkan.(adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos