Manuver PDIP Ubah Konstelasi, Pilgub Diikuti 3 Pasang Calon

img
Ilustrasi/Net

Harianmomentum—Manuver yang dilakukan DPP PDIP dengan menetapkan Sudin sebagai Ketua DPD PDIP Lampung, tak sekadar memicu kontra dari kalangan internal khususnya kader grass root (arus bawah). Penetapan itu juga telah mengubah konstelasi politik jelang Pilgub Lampung.


Akademisi Universitas Lampung (Unila) Yusdianto Alam, memprediksi pilgub akan diikuti oleh tiga pasang calon.Prediksi tersebut dikarenakan saat ini sudah ada beberapa partai yang resmi menentukan calon yang akan diusung.


“Meskipun ada beberapa partai yang belum menentukan rekomendasi, tapi kalau situasi saat ini hanya akan diikuti oleh tiga pasang calon saja, tidak akan lebih,” kata Yusdianto saat dihubungi via telpon, Senin (28/8).


Meskipun saat ini ada empat kandidat kuat, namun menurut dia, itu tidak akan menjadi jaminan semuanya akan ikut dalam Pilgub mendatang.


Pasalnya, kehadiran Sudin sebagai Ketua DPD PDIP Lampung, justru membuat PDIP akan berkoalisi dengan partai politik lain pada pilgub.


Ia menilai saat ini PDIP belum mempunyai tingkat kepercayaan diri yang tinggi untuk mengusung calon sendiri.


“Walaupun PDIP cukup untuk mengusung calon sendiri, tapi saya melihatnya mereka belum percaya diri untuk sendiri, seperti dalam beberapa periode sebelumnya mereka selalu berkoalisi dengan partai lain,” ujarnya. (adw)


 


 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos