KPU Lampung Fokus Data Pemilih Pemula

img

Harianmomentum--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung akan meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk melakukan pendataan pendataan terhadap siswa-siswa yang akan berusia 17 tahun sebelum 27 Juni 2018.  


Menurut Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih, pendataan dan perekaman tersebut untuk memaksimalkan data pemilih pemula dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) mendatang. 


"Karena yang menjadi fokus kita adalah pemilih pemula, jadi kita bekerjasama dengan Disdukcapil untuk melakukan percepatan perekaman," ujar Handi saat ditemui di Kantor KPU Provinsi Lampung Jalan Gajah Mada Bandarlampung, Rabu (30/8). 


Dia menjelaskan, perekaman tersebut akan dilakukan ke setiap Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan yang ada di Provinsi Lampung. 


Setelah dilakukan perekaman, lanjut dia, KPU akan memberikan sertifikat sebagai tanda telah melakukan pendataan. 


"Dalam sertifikat itu juga kita akan memberikan pesan, yang diantaranya harus melakukan pengecekan untuk memastikan dirinya masuk kedalam daftar pemilih atau tidak," tuturnya. 


Dia menjelaskan, setelah proses tersebut, Disdukcapil akan memberikan KTP elektronik tepat berusia 17 tahun. 


"Jadi pendataannya dilakukan sebelum berusia 17 tahun, dan setelah umur mereka genap 17 tahun baru akan diberikan KTP elektronik," tuturnya. 


Selain bisa memaksimalkan pemilih pemula, ia mengharapkan, anak-anak SMA bisa mengerti dan memahami apa yang harus dilakukannya pada Pilgub mendatang. 


"Jadi bisa dibilang ini adalah sosialisasi kepada pemilih pemilih pemula, khususnya anak-anak SMA atau SMK bisa mendapatkan pengetahuan juga tentang Pilgub," harapnya.


Dia melanjutkan, hal itulah yang akan menjadi salah satu agenda dari kerjasama antara KPU dan Disdukcapil. 


"Jadi intinya, kerjasama ini untuk mendorong percepatan perekaman, karena salah satu syarat menjadi daftar pemilih harus mempunyai e-KTP," pungkasnya.(adw)


 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos