DPTPH Tanggamus Ajukan Bantuan Benih Padi Gogo

img
Illustrasi: Bibit Padi.

Harianmomentum--Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kabupaten Tanggamus kembali akan mengajukan  permohonan bantuan benih padi Gogo kepada pemerintah pusat.

 

Bantuan benih padi tersebut nantinya akan ditanam pada lahan seluas 650 hektar di dua kecamatan: Kelumbayan dan Kecamatan Kelumbayan Barat.

 

Kepala DPTPH Tanggamus Soni Isnaini mengatakan pengajuan bantuan benih padi itu merupakan tidak lanjut aspirasi petani di kedua kecamatan tersebut.

 

“Hampir setiap tahun petani di dua kecamatan itu memohon bantuan benih padi Gogo. Ini kita tindaklanjuti dengan mengajukan ke pemerintah pusat," kata Soni, Senin (4/9).

 

Menurut dia, faktor topografi lahan pertanian di Kecamatan Kelumbayan Barat dan Kecamatan Kelumbayan memang cenderung berbukit. Karena itu, jenis padi Gogo yang paling cocok ditanam di wilayah tersebut.

 

"Sebenarnya kalau 650 hektar itu termasuk sedikit untuk penanaman padi Gogo di sana. Luas lahan  di sana lebih dari itu. Tapi ini masih mencoba, kalau direalisasi pusat, nanti bisa ditambahkan," terangnya.


Dia menambahkan, petani di kedua kecamatan tersebut memang lebih menyukai menanam jenis padi Gogo dari pada tanam jagung. Ini karena, jenis Padi gogo aman dari serangan hama babi hutan. Berbeda dengan tanaman jagung yang justru menjadi makanan favorit hama babi hutan.(zal)








Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos