Program Kota Tanpa Kumuh, Bappeda Lampura Mantangkan Persiapan

img
Pelatihan relawan Program Kota Tanpa Kumuh.

Harianmomentum--Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menggelar pelatihan relawan pelaksana Program Kota Tanpa Kumuh , Selasa (5/9). Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Bappeda setempat, Selasa (5/9).

 

Kepala Bappeda Lampura Syahrizal Adhar mengatakan pelatihan itu sebagai bentuk pemantaban persiapan  untuk mendapatkan program dari pemerintah pusat tersebut pada tahun 2018. 

 

“Untuk program ini, Bappeda sifatnya hanya selaku koordinator pemantaban. Sedangkan teknis pelaksanaanya nanti di bawah kewenangan dinas perumahan dan kawasan pemukiman,” kata Syahrizal.

 

Dia menerangkan, anggaran yang akan dialokasikan pemerintah pusat  untuk pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh di Kabupaten Lampura mencapai Rp12,5 miliar. 

“Pelatiahan ini berupa pembekalan teknis pelaksanaan untuk para relawan dari 9 kelurahan dan empat desa,“ terangnya.

 

Dia melanjutkan, Program Kota Tanpa Kumuh menggunakan slogan seratus zero seratus (100-0-100). Artinya, 100 persen kebutuhan air bersih di suatu wilayah terpenuhi.

 “Nol persen (zero) maksudnya daerah yang tadinya kumuh menjadi tidak kumuh dan 100 persen dalam suatu daerah itu sanitasinya, MCK, saluran pembuangan dalam kondisi baik, layak dan sehat,” jelasnya.

 

Dia berharap melalui pemantaban itu, pemeritah pusat akan merealisasikan Program Kota Tanpa Kumuh untuk Kabupaten Lampura Tahun 2018 mendatang. "Mudah-mudahan saja kita bisa mendapatkan program ini dari pusat tersebut," harapnya. (ysn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos