Tanggamus akan Gelar Pesta Budaya

img
Illustrasi tradisi adat menangkap ikan secara masal. Foto: Google.

Harianmomentum--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus berencana menggelar pesta rakyat  Budaya Melawai atau tradsi menangkap ikan secara masal.

 

Pesat budaya Melawai merupakan tradisi asli masyarakat Kabupaten Tanggamus sebagai bentuk ungkapan rasa syukur terhadap limpahan rahmat yang diberikan oleh sang pencipta.

 

"Budaya Melawai ini asli dari Kabupaten Tanggamus, tapi saat ini hampir punah. Kita ingin menghidupkan kembali budaya ini. Pelaksanaanya, kemungkinan bulan Oktober atau November tahun ini yang  rencananya digelar di muara Way (sungai) Semaka atau di Pantai Muara Indah," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Tanggamus Gandung Hartadi, Selasa (5/9).

   

Dia menerangkan, tradisi Melawai biasanya  digelar  untuk menyambut para tetua adat (Sebatin). Saat itu, seluruh warga. Laki-laki, perempuan, tua dan muda bersama-sama  masuk ke sungai menangkap ikan. 

 

“Nantinya ikan hasil tangkapan itu akan dimasak  dengan cara dipanggang asap dan disatap bersama,” terangnya.

 

Dia menambahkan, pagelaran budaya Melawai itu nantinya juga akan dipadukan dengan pertunjukan kesenian Deduai, yaitu pestanya bujang dan gadis, kemudian di rangkaikan juga dengan pertunjukan seni sastra lisan Lampung dan ditutup dengan acara pesta makan bersama yang melibatkan seribu  orang.

 

"Penyusunan konsep acara ini dilakukan melalui mekanisme dan musyawarah antara Pemkab dan DPRD Tanggamus serta tokoh-tokoh adat. Pesta Melawai ini sebagai bentuk pengganti  acara Ruwat Laut yang banyak mengandung unsur mistis,” jelasnya. (zal)








Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos