GOW Lambar Sosialisasi Kanker Serviks

img
Illustrasi Kanker Serviks. Foto: Google.

Harianmomentum--Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) berkerjasama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOIW) stempat menyelenggarakan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara, Kamis (7/9).

 

Kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung PKK itu menghadirkan narasumber dr. Mirza Lidar Fatimah S.Pog dan diikuti pengurus dan anggota  gabungan organisasi wanita (GOW) .

Ketua GOW Lambar  Helwiyati Komala Dewi mengatakan kanker serviks dan kanker payudara adalah penyakit mematikan bagi kaum wanita. 

 

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Lambar dan GOW  untuk mencegah penyakit yang menjadi momok kaum wanita itu, melalui GOW menggelar program deteksi dini kanker payudara dan kanker  serviks dengan pemeriksaan iva,” kata Helwiyati.

Dia menerangkan,saat ini berdasarkan data statistik Rumah Sakit Central Indonesia, dalam satu hari terjadi  kematian  satu pasien kanker serviksa. Berbeda dengan negara maju yang telah mengalami penurunan melalui e-planning kanker serviks.

Demikian pula  dengan kanker payudara, setelah kanker serviks sel kanker akan menyerang jaringan sel ASI atau jaringan tubuh lainnya. Gaktor lingkungandicurigai menjadi penyebab seranga kanker.

Helwiyati mengimbau perserta mengikuti sosialisasi dengan baik, sehingga dapat meningkatkan pemahaman individu. 

 

“Melalui kegiatan ini, kaum wanita  memiliki kesadaran akan pentingnya memeriksakan kesehatan reproduksi sejak dini. Sehingga tidak menimbulkan hal yang ditakuti dimasa mendatang,” harapnya. (lem)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos