Target Pertumbuhan Ekonomi 2018 Tidak Realistis

img
Ilustrasi: Net

Harianmomentum--DPR RI melihat target pertumbuhan ekonomi yang dipatok pemerintah sebesar 5,4 persen sampai 6,1 persen pada 2018 tidak realistis.


Target tersebut akan dicapai melalui belanja pemerintah sebesar Rp 2.204 triliun.


Anggota Komisi XI Kardaya Wanika mengatakan, pemerintah sebaiknya dapat menurunkan target pertumbuhan ekonomi yang telah dituang dalam Rancangan APBN 2018.


"Kami melihat kalau 5,4 itu terlalu optimis untuk keadaan yang sekarang ini. Walaupun pada dasarnya kami menginginkan pertumbuhan ekonomi itu setinggi mungkin. Makin tinggi makin baik, tapi tetaplah ini harus dilihat yang realistis," jelasnya di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (11/9).


Kardaya juga menilai target tersebut dianggap terlalu percaya diri. 


"Ini kita lihat dari outlook yang disampaikan pemerintah 2017 hanya 5,17 persen dan Bank Indonesia 4,9 persen. Tapi dari kami yang realistis yang bisa dicapai yakni 5,3 persen," ujarnya.


"Kita harus realistis juga. Maka kita bersama kira-kira betul tidak realistis. Saya pribadi senang saja pertumbuhan ekonomi 5,4 persen karena satu persen PDB itu untuk satu juta pekerja," pungkas anggota Fraksi Partai Demokrat tersebut.(wah/rmol)


Leave a Comment