Dewan Kesenian Lampung Gelar Lomba Sastra Lisan

img
Dewan Kesenian Lampung Gelar Lomba Sastra Lisan. Foto: Istimewa

Harianmomentum--Komite Tradisi Dewan Kesenian Lampung (DKL) bakal menaja  Lomba Sastra Lisan. Lomba yang memperebutkan Piala Gubernur Lampung ini akan ditaja di Bandarlampung, Kamis (14/9) lusa.

 

Menurut Ketua Panitia Edo Permana lomba ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan sastra tradisi yang merupakan salah satu kekayaan kearifan lokal. Selain itu, juga memberi wadah untuk kaum muda berekspresi.

 

“Melalui sastra lisan diharapkan kaum muda juga mencintai budaya dan tradisi daerahnya, “ ujar Edo Permana yang juga pengasuh acara sastra lisan di radio setempat.

 

Ketua Umum DKL Yustin Ridho Ficardo mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi melalui DKL. “DKL sebagai fasilitator tak hanya mendorong perkembangan seni modern tetapi juga seni tradisi,” ujar Yustin di Bandarlampung, belum lama ini.

 

Lebih lanjut, Yustin juga berharap hajat ini juga dapat dijadikan ajang silaturahmi para penggiat seni tradisi sekaligus juga untuk ruang ekspresi dalam mempertahankan budaya warisan nenek moyang.

 

Saya berharap pada gilirannya nanti  sastra lisan akan semakin diminati oleh generasi muda.  Mak ganta kapan lagi, ki Mak kham sapa lagi. Kalau tak sekarang , kapan lagi. Kalau bukan kita, siapa lagi,” ujar Yustin mengajak kaum muda untuk ambil bagian.

 

Sementara itu, Ketua Komite Tradisi DKL, Syapril {Rajo Gamolan”  Yamin, mengatakan untuk memperkenalkan sastra lisan harus dilakukan secara kontinu dan bukan hanya terbatas pada ajang lomba semata.

 

“Komite tradisi terus berupaya untuk memasyarakatkan karya sastra lisan Lampung ke sekolah-sekolah, baik kepada pelajar maupun guru bahasa Lampung.Nilai kerafitan local yang ada dalam sastra lisan harus ditumbuhkembangkan agar tidak punah,” ujar Mamak Lil, panggilan karib Syafril Yamin.(rls)

 

 

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos