Inilah Halimah Yacob, Wanita Muslim Pemimpin Singapura

img
Halimah Yacob. Foto: Net

HARIANMOMENTUM--Rabu (13/9), Halimah Yacob akan diumumkan sebagai Prisiden Singapura menggantikan Tony Tan yang telah enam tahun menjabat. 

Halimah didaulat menjadi presiden setelah dua kandidat presiden lainnya: Mohamed Salleh Marican dan Farid Kahan dinyatakan gagal.

Wanita muslim kelahiran  23 Agustus 1954 itu berdarah campuran India dan Melayu. Halimah merupakan mantan anggota Partai Aksi Rakyat. Dia sempata menjadi anggota parlemen Singapura antara tahun 2001 hingga 2017 untuk dua konstituen berbeda.

Karier politik tertingginya sebagai Ketua Parlemen Singapura sejak Januari 2013 hingga Agustus 2017. Selanjutnya dia, mundur dari kursi parlemen untuk bertarung dalam pemili presiden.

Dalam visinya, Halimah akan fokus mempersatukan Singapura. Untuk itu, dia berharap rakyat Singapura bisa bekerjasama denganya membangun negeri.

“Tentunya ada pekerjaan yang harus saya lakukan, tapi yang terpenting rakyat Singapura bekerjasama dengan saya.  Presiden mewakili seluruh agama, ras dan komunitas di Singapura,” kata Halimah  dikutip Voanews, Selasa (12/9).

Elections Department dijadwalkan  kan menyampaikan pernyataan resmi yang menjadikan Halimah Yacob sebagai presiden ke delapan Singapura, Rabu(13/9) setelah seluruh proses nominasi ditutup. Setelah dilantik, Halimah akan  menjalankan tugas sebagai presiden, Kamis (14/9). (ian/rmol)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos