Gubernur Apresiasi Kontingen Olimpiade O2SN Lampung

img
Kontingen O2SN Provinsi Lampung. Foto: Istimewa

Harianmomentum--Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengapresiasi prestasi kontingen Lampung pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang konsisten mempertahankan tradisi meraih sejak 2014.


Pada O2SN yang berlangsung 3-9 September di Medan, Sumatera Utara, Kontingen Lampung meraih 2 medali emas, 4 perak, dan 7 perunggu.


Selain mengucapkan selamat, Gubernur juga meminta para siswa yang meraih medali terus meningkatkan prestasi dan bagi yang belum untuk tidak patah semangat.


"Masih banyak even lain yang bisa dipakai untuk meraih prestasi. O2SN merupakan ajang meningkatkan kecintaan dan apresiasi pelajar terhadap bidang olahraga, mengembangkan bakat, dan minat siswa di bidang olahraga," kata gubernur, Selasa (12/9). 


Perolehan medali emas ditorehkan Andini Rama Dhanty (SDN 1 Gulakgalik Bandarlampung), dari nomor senam ritmik bola. Emas kedua disumbangkan Celvin Edoardo (SMAN 1 Banjarbaru Tulangbawang) dari cabang atletik lompat jauh. 


Sedangkan medali perak diraih Fadhlur Rohman (SMK Muhammadiyah Marga Tiga, Lampung Timur) dari cabang pencak silat seni putra. Andini Rama Dhanty yang meraih medali emas di nomor senam ritmik bola, juga menorekan prestasi di nomor senam ritmik semua alat dengan meraih perak. Perolehan perak juga dicatat Elisabeth Thesa Lonika (SMPN 1 Sukoharjo Pringsewu) dari nomor atletik tri lomba putri dan Dwi Ayu Agustina (SMPN 7 Bandarlampung) dan cabang karate kumite +45 kg putri.


Selain Andini, prestasi meraih dua medali juga ditoreh M. Farhan Afifi (SDIT Insan Kamil Bandarjaya Lampung Tengah) yang meraih perunggu renang 50 meter gaya dada putra dan renang 100 meter gaya daya putra. Medali perunggu lainnya disumbangkan Akbar Wendi Sulistyo (SMPN 4 Pringsewu) cabang renang 100 meter gaya bebas putra dan Desma Amanda (SMPN 1 Tumijajar Tulangbawang Barat) dari cabang pencak silat tading putri kelas F.


Raihan medali perunggu juga diraih Nur Aisyah (SMAN 2 Sekampung Lampung Timur) dari cabang bulu tangkis putri, Renhat Renaldi (SMKN 6 Bandarlampung) cabang karate kumite putra, dan Iis Haryanti (SMKN 1 Bandarlampung) dari cabang pencak silat seni putri. Dengan demikian, dari 100 atlet yang dikirim ke O2SN, Lampung mengoleksi 2 medali emas, 4 perak, dan 7 perunggu. 


Perolehan medali ini menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar, naik dari tahun sebelumnya. Pada O2SN 2014, Lampung meraih satu perunggu dari cabang pencak silat. Kemudian, pada 2015, Lampung meraih perunggu yang disumbangkan Cevin dari SMA 1 Kristen Metro, dan pada 2016 meraih perak dari cabang karate oleh Aldi SMAN 3 Kotabumi dan Ni Nengah Findia, SMAN 1 Kotagajah, yang meraih perunggu. 


"Kami menitipkan pembinaan siswa peraih medali ini ke para guru di sekolah, agar prestasinya terus meningkat. Targetnya, perolehan medali peserta O2SN terus bertambah tahun depan," kata Sulpakar.(rls)


Leave a Comment