Jumlah Investor BEI Lampung Capai 5.025

img
Corporate Communications KSEI Adisty Widyasari pada sosialisasi dan silaturahmi dengan media, Kamis (14/9) di Bandarlampung. Foto: Nurjannah

Harianmomentum--Jumlah investor di Provinsi Lampung per Agustus 2017 yang tergabung dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) mencapai 5.025 investor. Dengan jumlah investor itu Lampung menempati urutan ke-17 dari 34 provinsi di Indonesia. 

 

"Untuk jumlah investor yang berdomisili di Bandarlampung sebanyak 3.498 atau 60 persen dari totak investor di Lampung," kata Corporate Communications KSEI Adisty Widyasari dalam acara sosialisasi dan silaturahmi dengan media, Kamis (14/9) di Bandarlampung.

 

Menurutnya jumlah tersebut meningkat 18 persen dari Agustus tahun lalu. Secara keseluruhan jumlah inveator di pasar modal Indonesia telah mencapai 1.042.783 yang mencakup investor pemilik efek, reksadana dan surat berharga yang diterbitkan bank Indonesia.

 

Lebih lanjut Adisty menjelaskan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), bersama BEI dan PT Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI) melakukan berbagai program peningkatan jumlah investor pasar modal melalui kerjasama dengan perguruan tinggi. Hal ini berhasil mengajak mahasiswa sebagai investor muda.

 

"Saat ini mungkin secara nilai investasi belum terlalu besar, tapi kami yakin dalam waktu lima tahun, mahasiswa dapat menjadi investor pasar modal yang berkualitas," ujar Adisty.

 

Untuk mendukung aktivitas investasi di pasar modal, KSEI telah meluncurkan sistem Pengelolaan Investasi Terpadu atau S-INVEST.

 

Di tahun 2016, terdapat beberapa pengembangan lain yang telah dilakukan KSEI antara lain penunjukkan KSEI sebagai penerbit nomor SID (Single Investor Identification) untuk surat berharga yang diterbitkan BI.(nur)

 


Leave a Comment