Festival Keraton Nusantara, Kepaksian Pernong akan Tampilkan Atraksi Budaya Tanggamus

img
Wakil Bupati Tanggamus Samsul Hadi menyampaikan sambutan saat menerima kunjungan Panglima Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Mirza YB. Foto: Zal

Harianmomentum--Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong mengikuti gelaran Festival Keraton Nusantara (FKN) XI Tahun 2017, yang diselenggarakan di Keraton Kesepuhan, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. 

 

Panglima Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Mirza YB mewakili Sultan Edward Syah Pernong mengatakan, festival yang digelar 15 sampai 20 September itu  akan diikuti 150 keraton kerajaan dari seluruh nusantara.

 

“Festival itu akan diikuti 50 keraton sebagai peserta dan 100 keraton sebagai peninjau. Diperkirakan, Keraton Kesepuhan Cirebon akan menerima sekitar 10 ribu tamu dari seluruh nusantara,” kata Mirza saat berkunjung ke Rumah Dinas Wakil Bupati Tanggamus  Samsul Hadi, Kamis (14/9).

 

Menurut Mirza, keikutisertaan dalam festival tersebut bertujuan memperkenalkan sekaligus melestarikan kebudayaan Lampung, khususnya Kepaksian Pernong Paksi Pak Sekala Brak.

 

"Disana nanti kita akan menggelar musyawarah adat, pameran benda pusaka, tarian adat dan segala unsur budaya  di lingkup  Keraton Kepaksian Pernong," ungkapnya .

 

Dia menerangkan, dari sebelas kali gelaran festival tersebut, Keraton  Kepaksian Pernong telah tiga kali ikut serta. 

 

“Kita bukan hanya mewakili Kepaksian Pernong, tapi seluruh masyarakat adat Lampung dari 15 kabupaten/kota. Karena itu, kita juga membawa personel dari beberapa kabupaten, seperti: Pesisir Barat, Lampung Barat, Tanggamus, Pringsewu dan Kabupaten Lampung Selatan," jelasnya. 

 

Selain tradisi dan budaya dalam lingkup Keraton Kepaksian Pernong, beberapa tradisi budaya Lampung dari sejumlah kabupaten/kota juga akan ditampilkan dalam festival tersebut.

 

"Kita juga akan tampilkan atraksi budaya Pendekar Puting Beliung dari  KabupatenTanggamus, Pendekar Labung Angin, Jojoh Kiton, pakaian adat dan pasukan panah dari Kabupaten Pringsewu," terangnya.(zal)








Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos