Gerindra Tegas Tolak Ide Pembubaran Kodim-Koramil

img
Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Net

Harianmomentum--Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan merebaknya tuntutan pembubaran Kodim dan Koramil akhir-akhir ini harus diwaspadai dan harus ditolak dengan tegas.


"Saya heran isu ini selalu muncul menjelang peringatan G 30 S/PKI yang jatuh pada tanggal 30 September setiap tahun," ujar Sufmi Dasco, Sabtu (16/9).


Jelas dia, ide pembubaran Kodim dan Koramil sangat ahistoris. Perjalanan sejarah bangsa ini membuktikan bahwa Indonesia bisa bertahan sebagai sebuah bangsa besar justru karena keberadaan dua institusi milik TNI tersebut.

"Kodim dan Koramil harus dipertahankan karena itu konsep terbaik pertahanan yang kita miliki dan bahkan menjadi acuan negara-negara lain," tegas Sufmi Dasco.

Di tengah kemajuan teknologi militer yang belum tentu bisa diikuti terus, lanjut dia, konsep manunggalnya rakyat dan TNI menjadi pilihan yang terbaik dan itu hanya bisa diterapkan kalau masih punya Kodim dan Koramil.

"Apalagi jumlah penduduk kita adalah nomor empat terbesar di dunia," lanjut Sufmi Dasco.

Sejak reformasi 1998, ide pembubaran Kodim dan Koramil gencar dikemukakan, tapi hingga saat ini tidak pernah ada kajian ilmiah yang mendukungnya.

"Terus terang saya khawatir dengan kadar nasionalisme orang-orang yang mengusulkan hal tersebut," demikian Sufmi Dasco, anggota DPR RI dari Dapil Banten III. 
(rmol)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos