Dijadikan Jaminan, Aset Pemkot Metro Disita Bank

img
Foto: Net

Harianmomentum—Pemkot Metro kehilangan aset berupa alat berat jenis buldozer.  

 

Itu lantaran alat berat yang digunakan untuk pemerataan sampah di UPT Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Metro disita oleh Bank Tri Surya Bandarlampung.

 

Penyitaan itu terjadi pada Rabu (13/9) lalu, lantaran diduga dijadikan jaminan (agunan) oleh rekanan ke bank terkait.

Dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro Eka Irianta, penyitaan alat berat jenis buldozer sangat disesalkan pihaknya.

 

Sebab, alat berat tersebut adalah penopang kegiatan pada UPT Kebersihan untuk mengantisipasi penumpukan sampah di TPAS.

 

Terlebih, saat ini alat berat tersebut sedang dalam proses penyelidikan Kejaksaan Negeri Kota Metro terkait dugaan tindak pidana korupsi dan masih berstatus pinjam pakai.

"Alat berat itu dijadikan jaminan oleh kredit tunai ke bank. Entah bagaimana prosedurnya, kok aset negara itu dijadikan jaminan eks pemenang tender ini. Padahal alat inikan aset negara yang bukan milik perorangan," katanya Senin (18/9).

Akibat kejadian tersebut, pemkot berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Kota Metro untuk menindaklanjuti permasalahan ini segera tuntas.

"Entah bagaimana administrasi di bank itu sehingga pinjaman kredit tunai yang diajukan perorangan itu bisa dicairkan padahal yang menjadi anggunan itu aset negara," paparnya.

Dia berharap, antara pihak bank Tri Surya dan pihak ketika yang menjadikan alat berat berat tersebut sebagai agunan bertanggungjawab dan menyelesaikan permasalahan ini.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kejari Metro untuk segera menarik kembali alat berat itu untuk dikembalikan. Dan saya berharap masalah ini segera diselesaikan pihak-pihak terkait," pintanya.

Sementara Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Supriyadi mengaku terpaksa memberikan alat berat itu lantaran pihaknya tidak mengetahui secara jelas pokok permasahanya.

"Ya itu sudah disita beberapa hari lalu. Pokok permasalahannya saya kurang tahu pasti, tapi saya sudah koordinasikan hal ini ke dinas terkait," ujarnya melalui sambungan telpon. (pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos