BPBD Tanggamus akan Bentuk Sekolah Laut

img
Foto: ilustrasi program sekolah laut.

Harianmomentum--Badan Penanggulangan Bencana Darah (BPBD) Kabupaten Tanggamus dalam waktu dekat akan mencanangkan dan melaksankan program sekolah laut. Bentuk kegiatan program tersebut berupa pendidikan pada masyarakat untuk mengelola kawasan pesisir pantai.

    

“Ini tindak lanjut program yang dicanangkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).Tujuannya untuk memberikan pengetahuan sekaligus menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengelola kasawan pesisir dengan mengedepankan upaya pelestarian lingkungan,” kata Kepala Seksi Pencegahan BPBD Tanggamus Iwan Junianto, Selasa (19/20).

             

Dia menerangkan, bentuk kegiatan dalam program sekolah laut itu meliupti: apel siaga bencana, bersih-bersih pantai, dan penanaman pohon mangrove. 

 

“Kita perkirakan program sekolah laut ini akan melibatkan seribu orang. Rencananya akan kita laksanakan di wilayah Kecamatan Kotaagung,” terangnya.

        

Hal senada disampaikan Kepala Seksi  Kesiapsiagaan BPBD Tanggamuas Fina Oktasari. Menurut dia, melalui sekolah laut masyarakat diajak berkomitmen menjaga kelestarian alam di kawasan pesisir.

 

“Intinya program ini untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam upaya mengurangi kerusakan lingkungan akibat kepentingan ekonomi,” terangnya.

 

Dia menambahkan, dalam program sekolah laut itu, masyarakat juga akan diberi pelatihan teknologi sederhana mengolah air laut atau air hujan menjadi air bersih layak konsumsi.

 

”Nanti pelatihannya diberikan oleh fasilitator. Ada tiga fasilitator yang dilibatkan dari BPBD, CSR dan Lembaga Swdaya Masyarakat (LSM) Mitra Bentala, yang sebelumnya sudah diberi pembekalan," jelasnya. (zal)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos