TB Pelangi Ajak Anak Mengenal Tanaman

img
Anak-anak Taman Bermain Pelangi mempelajari bermacam-macan tanaman di Taman Hortikultura Provinsi Lampung. Foto:Humas Yayasan Alfian Husin

Harianmomentum--Taman Bermain (TB) Pelangi mengajak anak-anak untuk dapat lebih mengenal berbagai tanaman di Taman Hortikultura yang berada di Kebun Kelapa, Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjungbintang Kabupaten Lampung Selatan, dekat dengan perbatasan Kota Bandarlampung, Rabu (20/9).

 

Kegiatan ini merupakan pembelajaran lanjutan di kelas yang bertemakan “memperkenalkan tanaman”. Dengan berada di Taman Holtikultura, anak-anak dapat belajar bagaimana merawat berbagai macam tanaman mulai dari sayur-sayuran hingga berbagai macam bunga. 

 

Spot bunga anggrek adalah yang pertama dikunjungi, di sini anak-anak diajarkan bagaimana cara menanam dan merawat bunga anggrek agar bisa hidup hingga bermekaran cantik. Selanjutnya mereka berkeliling menuju spot sayur-sayuran.

 

"Anak-anak langsung praktek bagaimana menanam, merawat, hingga memberikan pupuk ke berbagai macam sayur-sayuran," ujar Kepala Sekolah TB Pelangi Hidayati.

 

Hidayati yang ikut dalam rombongan mengutarakan bahwa kegiatan "field trip" ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk "Kelas Planet" tiap tahunnya. Tapi untuk tahun ini, pihaknya mengambil tema memperkenalkan tanaman.

 

"Kami ingin anak-anak melihat langsung berbagai macam tanaman yang ada di Indonesia, sehingga kami memilih Taman Holtikultura untuk pembelajaran, kelebihan di taman ini yaitu mengenalkan kepada anak-anak metode budidaya pertanian modern mulai dari pembenihan, pembibitan, produksi tanaman, hama dan penyakit, hingga memanen hasil tanaman, tentu ini akan memberikan pengetahuan lebih ke anak-anak selain hanya mengenal macam-macam tanaman, diharapkan anak-anak tahu proses dari tanaman itu sendiri,” kata Hidayati

 

Ketua Yayasan Alfian Husin, Dr Andi Desfiandi SE MA, mengutarakan bahwa kegiatan pengenalan berbagai macam tananam ke anak-anak sejak dini itu lebih baik. Selain memberikan edukasi ke anak-anak tentang manfaat berbagai macam tanaman di Indonesia, kegiatan ini juga melatih rasa empati anak-anak agar selalu menjaga berbagai macam tanaman hidup di sekitar kita.  

 

"Mengenalkan berbagai macam tanaman dan cara menanam serta merawatnya sejak dini sangat baik, selain melatih empati anak-anak terhadap lingkungan kegiatan ini juga mengajarkan untuk kita selalu menjaga dan melestarikan tanaman-tanaman yang ada disekitar kita,” ungkap Andi

 

Taman Holtikultura Lampung merupakan Kebun PKK Provinsi Lampung yang mulai dibangun pada tahun 2014 oleh Dinas Pertanian pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung, dan diresmikan oleh Gubernur Lampung pada tanggal 17 Februari 2015 lalu. 

 

Taman ini diharapkan menjadi tempat yang menarik untuk masyarakat Lampung untuk belajar bercocok tanam dan panen, memetik langsung hasil kebun buah, sayur, dan bunga (Florikultura), serta tanaman-tanaman obat (biofarmaka).(rls/awn)

 

 

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos