Spesialis Curanmor Beber Cara Aman Parkir

img
Kasat Reskrim Kompol Harto Agung Cahyono dan Kapolresta Bandar Lampung Kombes Murbani Budi Pitono meminta keterangan dari dua tersangka kasus pencurian saat gelar perkara di Mapolresta Bandarlampung.Foto:net

Harianmomentum--Spesialis pencuri sepeda motor membeberkan cara aman memarkirkan kendaraannya, sehingga dapat terhindar dari upaya pencurian. 

 

"Pemilik motor sebaiknya memarkirkan kendaraanya dengan mengunci stang dan mengarahkan ke kanan, karena akan mempersulit pelaku pencurian membongkar kunci dengan letter T," ujar Padli salah seorang tersangka curanmor di Mapolresta Bandarlampung, Selasa (3/10).

 

Menurut dia, dengan mengunci stang motor ke arah kanan akan menyulitkan kawanan pencuri menjalankannya aksinya.

 

"Kalau ke arah kanan lebih sulit untuk merusak lubang kunci motor, dibandingkan dengan stang yang mengarah ke kiri," kata dia.

 

Selain itu, paling banyak yang menjadi korban adalah sepeda motor bebek atau motor kecil, karena motor besar lebih sulit.

 

Ia meminta juga maaf kepada masyarakat yang sudah menjadi korban aksi kejahatan selama ini.

 

“Saya meminta maaf kepada masyarakat dan berjanji tidak akan mengulanginya”, ujarnya sambil menahan sakit karena kaki kiri ditembus peluru polisi saat penangkapan. 

 

Menanggapi hal tersebut, Kapolresta Bandarlampung Kombes Murbani Budi Pitono, mengimbau kepada masyarakat untuk hati-hati saat memarkir dan mengunci kendaraannya agar terhindar dari aksi pencurian.

 

Ia mengatakan, bila memarkir kendaraan sebaiknya mengunci stang ganda agar tidak mudah dicuri oleh para pelaku kejahatan yang memanfaatkan kesempatan saat pemiliknya lengah.

 

"Kalau soal ungkapan dari tersangka terkait kunci stang mengarah ke kanan, bisa percaya atau tidak, namun hal tersebut ada benarnya juga," kata dia.

 

Ia menerangkan, trik sederhana saat mengunci stang itu cukup efektif. Warga sebaiknya mengunci stang motor dengan mengarahkan ke arah kanan bukan ke arah kiri, karena jika ke arah kiri akan lebih mudah dirusak menggunakan kunci letter T.

 

Sementara jika dimiringkan ke arah kanan akan lebih sulit pencuri merusak dengan kunci letter T, karena kunci letter T saat dimasukan akan terhalang bagian bawah stang motor

 

“Kami harap masyarakat tahu untuk menghindari aksi pencurian,” kata Murbani.(*/awn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos