Janjian Mau ‘Pengajian’ Berujung di Sel Tahanan KPK

img
Aditya Anugrah Moha. Foto: Net

Harianmomentum.com-- Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Sulawesi Utara, Sudiwardono (SWD) dan Anggota Komisi XI DPR Aditya Anugrah Moha (AAM) menggunakan kode 'pengajian' untuk menyamarkan upaya pemberian suap dalam mempengaruhi putusan terdakwa korupsi Marlina Moha Siahaan.


Hal ini diketahui saat kedunya menjaladi pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, pasca Operasi Tangkap Tangan pada Jumat (6/10).


"Mereka menggunakan kode pengajian, jadi kodenya pengajian kapan dan dimana. Ini jarang digunakan," ujar Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif dalam jumpa pers di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10).

Syarif menjelaskan, keduanya dicokok dalam operasi tangkap tangan disebuah hotel di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (7/10). Aditya sengaja memesankan sebuah kamar hotel kepada Sudiwardono. 

"Setelah kembali dari acara makan malam, keluarga SWD tiba di hotel tempat menginap. Diindaksikan tempat penyerahan uang di pintu darurat hotel yang dipesan Aditya," ujar Syarif

Syarif menambahkan, setelah transaksi, tim mengamankan Aditya di lobi hotel dan selanjutnya diminta untuk menunjukan kamar hotel Sudiwardono.

"Di kamar hotel tim menyita 30 ribu dolar singapura dalam amplop putih dan 23 ribu dolar singapura dalam amplop cokelat. Di amplop cokelat sisa pemberian sebelumnya pada agustus 2017 diserahkan 60 ribu dolar singapura dari AMM di manado," ujar Syarif

Atas Perbuatannya, Sudiwardono disangkakan ?melanggar Pasal 12 huruf c, atau Pasal 12 huruf a atau huruf b, atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001.

Aditya Moha disangkakan melanggar Pasal 6 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 ?tentang Pemberantasan Tipikor, sebagaimana diubah dalam UU nomor 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi.
(rmol)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos