Pokdarwis Desa Kelawi Lepas Puluhan Tukik

img
Pokdarwis Desa Kelawi bersama jajaran Pemkab Lamsel melepas puluhan tukik di Pantai Minang Rua

Harianmomentum- -Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) dalam membina dan membangun kesadaran masyarakat untuk berperan aktif menjaga kelesatarian alam dan satwa langka, membuahkan hasil positif.

 

Hasil positif itu, setidaknya terlihat daalam kegiatan pelepasan puluhan ekor tukik (anak penyu) yang dilakukan kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis) Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Sabtu (7/10).

 

Pelepasan tukik ke laut lepas yang dilaksanakan di Pantai Minang Rua, Desa Kelawi itu dihadiri perwakilan Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP), Dinas Pariwisata dan Kebudaayan (Disparbud) Lamse. 

 

Selain Pokdarwsi Desa Kelawi, kegiatan tersebut juga dimotori: Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  Krakatau Penyu, Literasi Perahu Pustaka Lamsel dan Balai Karantina Hewan Pelabuhan Bakauheni.

                      

Kepala DKP Lamsel Dwi Jatmiko mengatakan, penyu merupakan salah satu jenis hewan langka yang harus dilindungi. 

 

“Perkembangbiakan penyul secara alami, saat ini semakin sulit karena habitat sudah banyak  terganggu, oleh ulah manusia mau pun pemangsa alami. Karena itu, diperlukan peran aktif dan kepedulian kita semua untuk  berupaya melestarikan hewan langka ini,” kata Dwi.

 

Di tempat sama, Ketua Pokdarwis Desa Klawi Eli Sakila mengatakan, tukik yang dilepas itu merupakan hasil penemuan ratusan telur penyu di Pantai Ming Rua beberapa waktu lalu.


"Pertama pernah kita temukan sebanyak 102 butir telur penyu, akan tetapi tidak berhasil ditetaskan. Setelah itu kita temukan lagi  87 butir dan 50 butir  berhasil ditetaskan menjadi tukik yang kita lapas hari ini,” tuturnya.


Dia berharap, kedepan Pantai Minang Rua akan semakin dikenal sebagai obyek wisata. 

 

“Pantai Minang Rua kan menjadi lokasi  penyu bertelur yang tentu mejadi daya tarik tersediri bagi wisatawan. Mudah-mudahan kedapan patai ini semakin dikenal oleh wisatawan,” harapnya.


Ketua LSM Krakatau Penyu Ibnu Sundana mengataka, saat ini sudah ada beberapa obyek wisata pantai di Lamsel yang menjadi lokasi penyu bertelur.

"Selain di Minangrua, ada beberapa pantai lain di Lamsel yang menjadi lokasi penyu bertelur, sepert: Pantai Teluk Nipah, Pantai Alau-Alau," ungkapnya. (bob)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos