Tanggamus Kembangkan Budidaya Bawang Merah

img
Foto: ilustrasi budidaya bawang merah

Harianmomentum.com--Berbagai upaya terus dilakukan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Tanggamus untuk meningkatkan kesejehateraan para petani setempat. Salah satu upaya tersebut dilakukan melalui program pengembangan budidaya tanaman bawang merah dan cabai merah.

 

 Kepala Bidang Hortikultura pada  DTPH Kabupaten Tanggamus Mansyur, mengatakan kondisi iklim dan lahan di kabupaten setempat sangat cocok untuk budidaya tamaman bawang merah dan cabai merah.

 

“Iklim dan lahan di Tanggamus sesuai untuk bidudaya bawang merah dan cabai. Kedua komuditas ini juga punya nilai ekonomi yang tinggi. Itu dasar kita mengembangkan budidaya kedua komoditas ini,untuk meningkatkan kesejahteran petani, “ kata  Mansyur, Minggu (22/10).

 

Menurut dia, program  pegembangan budidaya  bawang merah dilakukan di atas lahan seluas 93 hektare, yang tersebar di beberapa kecamatan: Kotaagung Timur, Gisting, Gunungalip, Sumberejo, Pulaupanggung dan Kecamatan Airnaningan. 

 

Sedangkan untuk luas lahan pengembangan budidaya cabai merah dilakukan di lahan seluas 289 hektare lahan, yang tersebar  di 20 kecamatan se-kabupaten setempat.

 

"Untuk sementara sentra produktifitas kedua komuditas ini, di Kecamatan Kotaagung Timur, Gisting, Sumberejo, Pulaupanggung, Airnaningan dan Kecamatan  Ulubelu," ungkapnya.

 

Dia menambahkan, produktifitas atau hasi panen bawang merah, secara global sampai bulan Juni 2017 33 ton. Sedangkan produktifitas atau hasil panen cabai merah mencapai 191 ton.


"Untuk pemasaran sangat lancar, para petani telah memiliki pengepul langganan sendiri yang langsung datang ke lahan pertanian mereka Untuk harga sifatnya fluktuatif, berdasarkan permintaan pasar secara nasional," imbuhnya. (zal)








Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos