Pelantikan Bupati-Wabup Lambar 11 Desember, Tuba 18 Desember

img
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung, Hery Suliyanto (kiri) usai rapat persiapan pelantika, Senin (30/10). Foto: Ira Widya

Harianmomentum.com-- Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo direncanakan melantik pasangan Bupati dan Wabup terpilih Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus-Mad Hasnurin serta Bupati dan Wabup Tulangbawang (Tuba) Winarti-Hendriwansyah dalam waktu yang tidak bersamaan.

 

Untuk Lambar, direncanakan tanggal 11 Desember 2017. Sedangkan untuk Tuba tanggal 18 Desember 2017.

 

Perbedaan waktu pelantikan kedua pasangan calon kepala daerah itu merupakan keinginan dari masing-masing pihak pemerintah kabupaten terkait, dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terutama Gubernur Lampung menyanggupi akan hal tersebut.

 

Demikian diungkapkan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung, Hery Suliyanto kepada awak media usai rapat persiapan pelantikan di ruang kerjanya, Senin (30/10).

 

"Sebenarnya kami menginginkan kedua calon kepala daerah itu dilantik secara bersamaan biar sederhana, tak berulang-ulang, tetapi pihak Pemkab bersih keras menginginkan pelantikannya digelar masing-masing. Kalau itu keinginan mereka, Pemprov Lampung tak mempermasalahkannya, dan Pak Gubernur juga menyanggupinya," ujar Hery.

 

Hery mengungkapkan, masa jabatan Bupati Lambar Mukhlis Basri dan Wabup Makmur Azhari berakhir pada 10 Desember 2017. Sedangkan masa jabatan Bupati Tuba Hanan A Rozak dan Wabup Heri Wardoyo berakhir pada 17 Desember 2017.

 

Kedua tanggal tersebut bertepatan pada hari libur minggu, sehingga pelantikan dilakukan satu hari kedepan.

 

Sementara untuk mengisi kekosongan jabatan, lanjut Hery, harus diisi oleh pelaksana harian (Plh) walau hanya sehari menjabat.

 

"Kalau pelantikannya diundur dari Akhir Masa Jabatan (AMJ) maka akan menyalahi Undang-Undang. Maka dari itu pelantikan dilaksanakan Senin, jadi di Minggu-nya harus ada yang mengisi jabatan kepala daerah walaupun hanya sehari," jelas dia.

 

Hery menambahkan, pihaknya akan kembali menggelar rapat pemantapan pelantikan untuk membahas persiapan dari masing-masing pemerintah kabupaten, dan dapat ditentukan untuk gladi bersihnya.

 

Selanjutnya dia berharap, gladi bersih bisa dilaksanakan Jum'at sebelum pelantikan pukul 14.00, sehingga saat pelantikan yang rencananya digelar di lingkungan Kantor Pemprov Lampung bisa benar-benar berjalan sempurna. (ira)

 

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos