KPU Diwanti-wanti Persiapkan Diri Hadapi Sengketa Pemilu

img
Foto: Net

Harianmomentum.com-- Komisi Pemilihan Umum maupun Badan Pengawas Pemilu diingatkan untuk mengantisipasi gugatan sengketa yang dipastikan bakal marak terjadi di Pemilu 2019


Demikian disampaikan anggota Komisi II DPR RI Arwani Tomafi dalam Dialektika Demokrasi bertema 'Verifikasi dan Gugatan Partai Politik Menuju Masa Depan Demokrasi' di Media Center DPR, Jakarta, Kamis (2/11). 


Menurutnya, Pemilu 2019 merupakan babak baru bagi proses kepemiluan di Indonesia. Apalagi pemilu legislatif dan pemilu presiden dilaksanakan secara serentak. Dia mengakui kalau Pemilu 2019 juga menjadi penentu pembangunan demokrasi di Indonesia pasca Reformasi, serta menjadi tolak ukur bagi peningkatan kualitas pemilu, baik prosedural maupun substansif. 

Arwani juga mengingatkan bahwa Pemilu 2014 masih menyisakan problem, dan tidak tertutup kemungkinan pemilu mendatang juga memunculkan sengketa.

"Pemilu serentak 2019  juga berpotensi memunculkan sengketa, tidak saja pemilu legislatif tapi juga pilpres. Tentunya ini menjadi rumit. Makanya penyelenggara pemilu harus mengantisipasinya," tegas politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut. (rmol)

 


 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos