Realisasi Gerbang Saburai di Desa Gunung Maknibai Dipertanyakan

img
Bandan jalan rabat beton hasil kegiatan program Gerbang Desa Saburai di Desa Bunung Maknibai ini, banyak mengalami keretakan.

Harianmoentum.com--Realisasi pelaksanaan program Gerbang Membangun (Gerbang) Desa Sai  Bumi Ruwa Jurai (Saburai) di Desa Gunung Maknibai, Kecamatan Sungkai Barat, Kabupaten Lampung Utara, diduga bermasalah. Itu terlihat pada kegiatan pembangunan jalan oderlagah dan rabat beton.

 

Dua item kegiatan tersebut diduga dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai standar spesifikasi yang ditentukan. 

 

Pantaun harianmomentum.com, proses pembangunan jalan onderlagh sepanjang  580 meter itu, tidak menggunakan pasir sebagai lapisan awal susunan batu.  Bagian atas susunan batu, juga tidak dilapisi sirtu (pasir batu).

 

“Batu yang digunakan ukurannya hanya 15/20 centi meter. Itu kan di bawah standar ketentuan. Bukan itu saja, posisi pemasangan batu juga tidur. Padahal, seharusnya berdiri, “ ungkap seorang warga setempat, Sabtu (4/11).

 

Kondisi serupa juga terjadi pada item kegiatan pembangunan jalan rabat beton.Menurut warga, baru beberapa bulan selesai dikerjakan, kondisi badan jalan rabat beton sepanjang 50 meter itu, sebagai besar sudah kembali rusak. 

 

“Lihat saja, badan jalan rabat beton ini, sudah banyak yang retak. Padahal, baru beberapa bulan selesai dikerjkan,” ungkap warga lainnya.

 

Dodi pelaksana kegiatan Program Gerbang Saburai Desa Gunung Maknibai, mengatakan pembangunan jalan onderlagh dan rabat beton tersebut belum selesai. Dia juga membatah, proses pengerjaanya asal jadi dan tidak sesuai standar spesifikasi yang ditetapkan

 

"Ini memang belum selesai, baru 80 persen. Kita juga lagi pencairan sisa dana 29 persen untuk menyelesaikan itu. Onderlagh sudah pada tahapan penghamparan batu, meski tidak menggunakan pasir sebagai dasar, tapi tidak menyalahi aturan. Begitu juga rabat beton memang belum selesai juga," bantanya di lokasi (3/11).

 

Kepala Desa Gunung Maknibai belum berhasil dikonfermasi terkait masalah ini. Gerbang Desa Saburai merupakan program bantuan pembangunan infrastruktur pedesaan yang dikucurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. Tahun  2017,  pemprov mengalokasikan program tersebut untuk 250 desa .

 

Setiap desa menerima dana bantuan pembangunan  infrastruktur Rp240 juta dengan sistem pencarian dua tahap: pertama 60 persen dan tahap kedua 40 persen.(ysn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos