Belasan Calon Pawascam di Lambar Berprofesi Ganda

img
Foto: ilustrasi Seleksi Panwascam

Harianmomentum.com--Belasan calon anggota pengawas pemilihan umum kecamatan (pawascab) yang direkrut Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Lampung Barat (Lambar), diduga double job alias  berprofesi ganda.       

  

"Ya ada 15 orang terindikasi terikat dengan profesi lain, seperti guru honor," kata Komisioner Panwaskab Lambar Bidang Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) M Ishar pada harianmomentum.com, Kamis (9/11).

Menurut Ishar, pihaknya baru mengetahui ke-15 orang calon panwascam itu mempunyai profesi lain, saat melakukan tes wawancara. 

 

“Pada tahapan tes sebelumnya, mereka dinyatakan lulus. Saat tes wawancara baru kita ketahui mereka double job, diantaranya sebagai tenaga honorer di sekolah,” ungkapnya.

 

Walau begitu, lanjut dia, pawaskab tetap akan melakukan pelantikan sesuai jadwal hari Jumat (10/11). "Kita memang agak khwatir terhadap kinerja penwascam yang double job, tapi besok (hari ini)  tetap kita lantik, karena sampai saat ini belum ada peraturan yang melarang honorer jadi panwascam," terangnya.

 

Sebagai langkah antisipasi, terhadap kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan, pawaskab meminta komitmen para panwascam itu, untuk memilih satu profesi saja.

 

“Kita minta surat pernyataan dari mereka untuk konsentrasi dalam pengawasan pemilu di tingkat kecamatan masing-masing. Alias mengundurkan diri dari profesi lain,” tegasnya.

 

Pantaun dan informasi yang dihimpun harianmomentum.com hingga pukul15.00 WIB  (Kamis 9/11) belum satupun dari 15 orang calon panwascam tersebut memberikan surat pernyataan yang diminta pawaskab.

 

"Kami tunggu setelah pelantikan. Kalau tidak juga memberikan surat pernyataan untuk konsentrasi di panwascam akan diberi peringatan,  jika masih membandel akan dipecat dan digantikan orang lain yang dibawahnya sat tes terakhir,"  terang  Ishar. (lem)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos