LIPI Lirik Potensi Provinsi Lampung

img
Kunjungan LIPI dalam pembahasan peningkatan kerja sama pengembangan serta pemanfaatan sumber daya alam (SDA) di Provinsi Lampung.Foto:Ira.

Harianmomentum.com--Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai Provinsi Lampung yang berada di ujung Pulau Sumatera kaya potensi sumber daya alam mulai dari pertanian hingga mineral pertambangan.

 

"Melihat potensi itulah, LIPI akan meningkatkan keja sama pada sisi akademisi, birokrasi, industri serta lembaga penelitian dan pengembangan untuk mengembangkan potensi daerah," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala LIPI Bambang Subiyanto, di Balai Keratun Pemprov Lampung, Kamis (09/11/2017).

 

Untuk itulah, menurut dia, pihaknya akan menggelar Pekan Teknologi Mineral 2017 yang bertemakan 'Mewujudkan Kemandirian Teknologi Mineral untuk Mendukung Percepatan Pembangunan Nasional'.

 

"Selain pameran, kegiatan itu akan diisi dengan berbagai acara pendukung seperti Lomba Cerdas Tangkas Mineral, Perkemahan Ilmiah Remaja Mineral, Lomba Essay, Lomba animasi, Workshop Guru Bidang Studi Kimia, Focus Grup Discussion (FGD) Organisasi Profesi Fungsional Peneliti se-Provinsi Lampung, juga kunjungan ilmiah," ungkap Bambang.

 

Sejalan dengan Kebijakan Strategis Pembangunan Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, kata Bambang, LIPI sebagai pelaksana tugas pemerintah di bidang penelitian dan pengembangan iptek menjadikan satuan-satuan kerja yang berada di daerah sebagai ujung tombak dalam pembangunan berbasis iptek dan inovasi.

 

Di Lampung, Bambang menjelaskan, LIPI berkiprah melalui Balai Penelitian Teknologi Mineral yang berlokasi di Tanjungbintang, Kabupaten Lampung Selatan dan Loka Uji Teknik Penambangan dan Mitigasi Bencana di Liwa, Lampung Barat.

 

“Dua satuan kerja ini fokus pada riset pemanfaatan mineral. Ke depannya cakupan akan dikembangkan lebih luas lagi meliputi bidang pertanian, perkebunan dan energi melalui skema kerja sama dengan berbagai instansi terkait,” jelasnya.

 

Untuk diketahui, Lampung mempunyai potensi pertanian dan perkebunan sebagai penghasil kopi terbesar di Indonesia atau sebesar 22,63 persen dari produksi kopi nasional. Selain itu, Lampung juga punya komoditas lain yang bernilai tinggi yaitu lada, kelapa, dan nanas.(ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos