Bahas Pembangunan MMC, Pairin Undang Tokoh Masyarakat

img
Foto: Walikota Metro Achmad Pairin./Net.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro akan mengundang tokoh masyarakat untuk bermusyawarah  membahas program pembangunan gedung Metro Convention Center (MCC). 

 

Kebijaka itu dilakukan sebagai tindak lanjut kritik dan saran yang disampaikan elemen masyarakat, terkait pembanugnan gedung yang akan menjadi ikon kota tersebut.

       

"Nanti kita juga agendakan mengundang tokoh masyarakat dan DPRD. Ini untuk meminta masukan mereka tentang pembangunan gedung MMC,“ kata Walikota Metro Ahmad Pairin usai menghadiri presentasi konsultan perencana pembangunn MCC,  Senin (13/11).

   . 

Pairin juga memaparkan hasil presentasi tersebut. Menurut  dia, MMC akan dibangun di atas lahan  52x82 meter. Posisi halaman gedung MCC akan rata dengan jalan. Sedangkan pondasi pertama 60 centi meter, dan pondasi kedau ditambah lagi 1,4 meter. Kemudian, tinggi bangunan 18 meter 

 

"Jadi nanti kalau dari jalan tinggi pondasi 2 meter dan tinggi bangunan 20 meter. Lahan itu untuk bangunan saja belum yang lain," paparnya. 

 

MCC, lanjut dia, akan dibangun dua lantai. Lantai dua lebarnya  25x60 meter dengan tinggi 9 meter. Lantai satu, nantinya untuk ruang pesta. Sedangkan ruang lantai II untuk ruang rapat. 

 

"Di lantai dua ini nanti juga ada untuk lokasi penjulan kuliner. Itu luasnya 6x6 meter. Jadi kalau mau berjualan di sana silahkan. Nah, jarak dari lantai ke pelafon itu nanti 9 meter. Jadi tidak panas. Terus tadi itukan lahannya 25x60 itu ada panggung juga. Panggung itu lebarnya 6x15 meter dan dibagi menjadi skala kecil, sedang dan besar,"  paparnya lagi. 

 

Di halaman belakang, lanjut Achmad Pairin, akan dibuat bassement untuk parkir mobil .Areal  parkir tersebut bisa menampung sekitar 110 mobil. 

 

"Kalau yang diluar bisa menampung140 mobil. Jadi keduanya bisa menampung 250 mobil. Itu di luar sepeda moto ya," terangnya. 

 

Berdasarkan hasil persentasi itu, pembangunan MMC akan menelan anggaran kurang lebih  Rp42 milliar. 

 

"Kalau berdasarkan rencana yang saya paparkan tadi kira-kita segitu. Tapi nanti itu relatif ya. Kan nanti masih kita undang tokoh masyarakat dan DPRD untuk memberikan masukan. Bisa saja berkurang dan bisa bertambah," jelasnya. 

 

Menurutnya, selain dari manfaat, nilai estetika juga akan dikedapankan dalam  desain bangunan. Kita sangaja memilih eks Gedung Wanita untuk lokasi pembangunan MMC, karena berada di pusat kota,” tambahnya.(pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos