Drainase Rusak, Rumah Warga di Susunan Baru Terendam

img
Seorang pengendara di sekitar luapan air bah yang meluap dari drainase di Kelurahan Susunan Baru Bandarlampung.

Harianmomentum.com--Akibat drainase rusak, sejumlah rumah warga di Jalan Pubian Gang Pubian 11 Kelurahan Susunan Baru Kecamatan Tanjungkarang Barat terendam air yang tidak mampu tertampung dalam drainase di wilayah itu.

 

"Banjir ini selalu terjadi kalau hujan turun, bahkan biasanya bisa mencapai puluhan rumah yang terendam air," kata Darius (72) warga RT 03 Jalan Pubian Gang Pubian 11 Keluarahan Susunan Baru, Kecamatan Tanjungkarang Barat, Selasa (14/11). 

 

Menurut dia, luapan itu disebabkan oleh drainase yang sudah rusak/retak sehingga tidak mampu menampung air, sehingga tiga rumah sempat terendam setinggi 50 centimeter (cm).

 

"Kalau sudah hujan lebat pasti banjir mas, namanya sudah jebol, kalau ada air pasti keluar dan berimbas pada rumah warga, barusan saja air masuk ke dalam rumah saya semata kaki," ujarnya.

 

Ia mengatakan, drainase itu sudah rusak sejak 2016, namun pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung belum melakukan tindakan perbaikan.

 

Ketua RT 03 Kelurahan Susunan Baru Turjangun mengatakan, pihaknya telah mengajukan usulan perbaikan, karena setiap hujan pasti ada rumah warga yang tergenang air buangan drainase tersebut.

 

"Kami sudah mengajukan perbaikan melalui Kelurahan, bahkan sempat pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) telah melakukan pengambilan gambar drainase, namun hingga saat ini belum kunjung diperbaiki," kata dia.

 

Menanyakan perilah pembangunan drainase, Turjangun melanjutkan, telah mendatangi Kelurahan terkait hal tersebut. Namun, upaya perbaikan itu belum juga dapat terlaksana dan hanya diminta untuk bersabar.

 

"Saya sudah tanyakan ke pihak Kelurahan, tapi masih disuruh sabar," katanya menerangkan.

 

Ia berharap Pemkot melalui Pak Walikota dapat segera menurunkan tim dan memperbaiki kerusakan drainase tersebut, karena akibatnya sangat merugikan masyarakat setempat.

 

"Banyak kerugian yang disebabkan, baik materil maupun moril," ujarnya.

 

Menanggapi hal tersebut, Anggota Legislatif Kota Bandarlampung Wayhu Lesmono mengatakan, akan segera melakukan koordinasi terkait kerusakan drainase di wilayah itu.

 

"Kami minta pihak PU agar dapat segera menyikapi persoalan tersebut, karena sangat meresahkan masyarakat yang menjadi korbannya," kata Wahyu.

 

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, saat ini di Kota berjuluk Tapis Berseri sudah memasuki mesim penghujan. Tentunya banyak hal yang harus dibenahi agar bencana yang ditimbulkan akibat buruknya infrakstruktur seperti drainase tidak terjadi. 

  

"Setiap sore hari hujan, PU harus bisa mempersiapkan hal tersebut, jangan sampai kejadian seperti tahun lalu seprti banjir terjadi lagi di kota ini," ujarnya menegaskan.

 

Sementara itu, saat kontributor harianmomentum mencoba mengkonfrimasi permasalahan tersebut kepada pihak Dinas PU melalui Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandarlampung Iwan Gunawan, namun tidak ada respon, baik sambungan telepon atau pesan singkat. (aji)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos