Cegah Banjir, DPRD Metro Minta Pemkot Rehab Drainase

img
Ruas jalan di Kecamatan Metro Timur ini selalu menjadi langganan banjir setiap kali turun hujan.

Harianmomentum.com--Tiga ruas jalan di wilayah Kecamatan Metro Timur, Kota Metro selalu menjadi langganan banjir setiap kali turun hujan. Tiga ruas jalan itu: Jalan Ahmad Yani depan PB Swalayan, Jalan Raya Stadion tepat di depan Pasar Tejoagung dan Jalan Abri.

 

Peyebab banjir yang selalu menggenangi tiga ruas jalan tersebut, karen ukuran drainase yang kecil ditambah lagi terjadi pendanggakalan.

 

Menanggapi kondisi itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Basuki meminta  pemerintah kota (pemkot) setempat merehabilitasi saluran drainase pada sisi kanan kiri, tiga ruas jalan tersebut

 

"Permasalahan banjir ini kan sudah sejak dulu. Memang tidak lama genangannya, tetapi kalau tidak diatasi nanti akan menimbulkan permasalahan yang lebih parah. Karena itu, pemkot harus segara melakukan rehabiltasi seluruh saluran drainase di kota ini, terutama di kawasan tiga ruas jalan itu,” kata Basuki, Rabu (15/11).

 

Dia mengaku, DPRD sudah mengusulkan perbaikan beberapa drainase di jalan protokol yang sering tergenang, setiap kali turun hujan. Namun, hingga saat ini belum ada tindak lanjut dari pemkot terkait usulan tersebut.

 

"Contohnya di Jalan Ahmad Yani depan kantor Kelurahan Iringmulyo, kemarin yang kita usulkan. Tetapi hingga saat ini belum juga direalisasikan," ungkapnya . 

 

Selain itu, lanjut dia, DPRD bersama Pemkot Metro juga sudah mengusulkan ke DPRD Provinsi Lampung untuk memediasi pengerekun saluran irigasi yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi (pemrov). 

 

 “Beberapa waktu lalu, DPRD Provinsi reses di Kota Metro. Kami bersama pemkot juga sudah mengusulkan ke DPRD Provinsi agar menganggarkan pengerukan saluran irigasi atau drainase yang menjadi kewenangan pemprov," tuturnya.(pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos