UKMBS Unila Bedah Buku "Nokturnal Melankolia"

img
Sastrawan Lampung Angelina Enny

Harianmomentum.com--Bilik Jumpa Sastra (Bijusa) Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS) Universitas Lampung (Unila) kembali menggema. Kali ini, UKMBS menggelar peluncuran serta bedah/diskusi tentang buku kumpulan cerita pendek yang diberi judul “Nokturnal Melankolia” karya Angelina Enny, sastrawan Lampung yang kini bermukim di Jakarta.

 

Peluncuran dan diskusi buku “Nokturnal Melankolia” akan dilaksanakan di Graha Kemahasiswaan Unila, Sabtu (18/11), pukul 19.00 WIB, dengan pembahas Ahmad Yulden Erwin dengan dimoderatori Alexander GB.

 

Kegiatan Peluncuran dan diskusi buku Noturnal Melankolia ini didukung Teater Satu Lampung dan Lampung Literatur (Divisi Penerbitan Buku Sastra Komunitas Berkat Yakin-KoBER).

 

Noktunal Melankolia adalah buku kumpulan cerpen pertama Angelina Enny, berisi 16 cerita pendek yang mengungkap pergolakan batin para tokohnya dalam menghadapi permasalahan hidup yang bisa memunculkan depresi.

 

Mulai dari kanak-kanak sampai dewasa, dengan berbagai setting dalam maupun luar negeri. Semua cerita menggelitik sisi humanisme kita untuk merenungkan bahwa depresi ada di sekitar kita, dalam soal yang nampak sepele maupun serius, dan sudah saatnya kita menyediakan telinga dan hati.

 

Angelina Enny lahir dan besar di Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, adalah lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI.

 

Ia dikenal sebagai seorang Akuntan dan Konsultan Pajak di Jakarta. Ketertarikannya pada psike tergambar jelas pada tulisan-tulisannya.

 

Ia belajar mengembangkan tulisannya di Kelas Menulis dan Berpikir Kreatif bersama Ayu Utami di Salihara, juga pernah mengikuti Workshop Menulis Cerpen Kompas tahun 2015.

 

Selain menulis, untuk menyalurkan jiwa seninya sesekali ia menjadi aktor (performer), sutradara, dan menari. 

 

Ayu Utami, salah satu sastrawan terkemuka Indonesia menyatakan; diperlukan keterampilan sastrawi untuk mengubah luka batin menjadi sebuah roman. Jenis sastra ini semakin dibutuhkan di zaman sekarang agar depresi bisa dialami sebagai pengalaman estetik. Jangan minum pil anti depresi, tapi bacalah buku ini. 

 

Sementara Putu Fajar Arcana, editor cerpen Kompas Minggu menyatakan bahwa Cerita-cerita karya Angelina Enny adalah cerita-cerita yang dingin. Ia bercerita tanpa tendensi, apalagi menyodorkan kebaikan-kebaikan dari tokohnya. 

 

Sementara itu,  Ketua UKMBS Unila M Farid Mazda menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini. "Saya berharap Bilik Jumpa Sastra (Bijusa) bisa menjadi ajang perjumpaan sastrawan dengan publiknya, sehingga karya-karyanya terapresiasi," ujar Farid.

 

Diharapkan dari event ini akan memotivasi sastrawan-astrawan muda di lingkungan kampus dan Lampung melahirkan karya-karya yang berkualitas.

 

Sebelumnya, UKMBS Unila juga sukses menggelar Peluncuran dan Diskusi Buku Sehimpun Puisi Mini karya Tujuh Cari Perca karya Tujung Penyair Perempuan Lampung (September 2017), Buku Puisi Rekaman Terakhir Beckett karya Ari Pahala Hutabarat (Oktober 2017).(awn/rls)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos