Di Waykanan, Baru 32 Kampung Cairkan DD Tahap II

img
Foto: ilus tasi program dana desa.

Harianmomentum.com--Dari 221 kampung di Kabupaten Waykanan, baru 32 kampung atau hanya 15 persen yang telah mencairkan alokasi dana desa (DD) tahap kedua tahun 2017.

 

Kepala Bidang Keuangan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMK) Waykanan Roslina Apriliawati mengatakan, hingga saat ini banyak aparat kampung yang belum menyerahkan laporan pertanggunjawaban pengelolaan DD tahap pertama. Padahal, laporan pertanggungjawaban tersebut merupakan syarat utama pencairan DD tahap kedua.     

         

“Seharusnya ini tidak perlu terjadi, kalau aparat kampung memahami sistem penyusunan laporan pertanggungjawaban itu. Apa lagi ini menjadi syarat pencairan tahap kedua,” kata  Roslina pada harianmomentum.com melalui telepon, Senin (20/11).

 

Hal senada dikatakan Kepala DPMK Waykanan Selan. Menurut dia, banyak faktor yang menjadi penyebab proses pecairan DD tahap kedua  tidak bisa tepat waktu. 

 

Selain masalah laporan pertanggungjawaban pengeloln tahap pertam yang  belum diserahkan, ada juga  masalah peninggalan pajak terhutang yang belum dibayarkan oleh kepala kampung.

 

“Banyak hal yang menyebabkan keterlambatan pencairan DD tahap kedua ini, tapi  intinya rata-rata aparat kampung tidak paham teknis penyusunan laporan,” kata Selan melalui telepon.

 

Dia berharap, para kepala kampung dapat lebih memotivasi aparatur kampungnya untuk lebih memahami aturan teknis pengelolaan dan penyusuanan laporan program DD.

 

“Kami siap memberikan bimbingan kepada aparatur kampung untuk lebih memahami teknis pengelolaan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban program dana desa,” ungkapnya.

 

Dia menerangkan, secara umum realisasi pengelolaan DD tahap pertama di Kabupaten Waykanan, terutama pada kegiatan fisik, sudah mencapai 70 sampai 80 persen.(vit)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos