Polisi Didesak Periksa Oknum Wadek Unila

img
Kuasa Hukum Terdakwa Maruli, Indra Firsada (kanan) dan Yeli Basuki (kiri) Foto:Agung Chandra Widi.

Harianmomentum.com--Maruli Hendra Utama melalui kuasa hukumnya mendesak aparat Kepolisian untuk mengusut dan segera menangani laporan dugaan penipuan yang dilakukan oleh oknum Wakil Dekan (Wadek) Fisip Universitas Lampung (Unila) Dadang Karya Bakti.

 

Kuasa hukum Maruli, Indra Firsada mengatakan, pihaknya telah melaporkan Dadang Karya Bakti ke pihak kepolisian atas dugaan penipuan yang pernah dilakukan saat masih menjabat sebagai ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro.

 

"Awalnya kita laporan ke Polda. Tapi, berkas laporan tersebut dikirimkan ke Polresta Metro, karena saksi dan TKPnya di sana," kata Indra saat ditemui di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Selasa (21/11).

 

Namun, hingga lebih dari tiga bulan lamanya kasus tersebut belum juga di proses hukum lebih lanjut.

 

"Status Dadang masih belum berubah, masih sebagai saksi," jelasnya.

 

Padahal, lanjut dia, Maruli telah diperiksa berulang kali oleh penyidik terkait kasus ini.

 

"Maruli sudah beberapa kali diperiksa, termasuk rekonstruksinya juga Maruli hadir," ucapnya.

 

Sepertinya penyidik mempermasalahkan terkait alat bukti berupa tanda terima untuk laporan tersebut.

 

"Gak ada ceritanya orang ngerjain yang yang gak legal dengan tanda terima. Ya itu penilaian subjektif dari penyidik," ungkapnya. 

 

Diberitakan sebelumnya bahwa Maruly mengaku pernah meminta tolong kepada Dadang saat dia masih menjabat sebagai ketua KPU Metro. Saat itu, disepakati Maruli untuk memberi Dadang uang sebesar Rp100 juta dengan catatan Dadang dapat membantu paman Maruli yang saat itu sedang mencalonkan diri di legislatif.

 

Terdakwa Maruli juga menjelaskan bahwa ia telah menyetorkan uang Rp 20 juta ke Dadang sebagai uang muka. Namun, pamannya tersebut gagal dalam pemilihan Legislatif. Menurut Maruli, Dadang telah menyalahi janjinya. Uang Rp 25 juta tersebut juga tidak dikembalikan. (acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos