Kadisdukcapil Imbau Warga Bandarlampung Buatkan Kartu Identitas Anak

img
Kadisdukcapil Kota Bandarlampung Zainudin. Foto Agung Chandra Widi

Harianmomentum.com--Setelah diluncurkan satu tahun lalu, Kartu Identitas Anak (KIA) masih kurang mendapat respon masyarakat Kota Bandarlampung.

 

Program pemerintah pusat ini diluncurkan satu tahun lalu, tepatnya pada Oktober 2016. 

 

"KIA ini fungsinya sama dengan E-KTP. Tapi belum banyak yang buat. Sampai saat ini tercatat baru 1.600 anak," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandarlampung Zainudin, Selasa (21/11).

 

Salah satu permasalahannya yakni belum banyak masyarakat yang tahu tentang program pemerintah pusat ini. Padahal sudah banyak sosialisasi yang dilakukan baik di tingkat pusat maupun kabupaten/kota.

 

"Belum banyak yang tahu, karena mungkin program ini baru. Tapi, kita sudah sosialisasi di banyak segmen. Mulai dari pemberitaan dan segmen lainnya," ungkapnya.

 

Oleh karenanya Disdukcapil Kota Bandarlampung menghimbau agar para orangtua segera membuatkan anaknya yang berumur di bawah 17 tahun KIA ini.

 

"Harapan kita agar para orangtua segera membuatkan KIA untuk anak-anak mereka," ujarnya.

 

Bukan hanya KIA, Zainudin juga menekankan agar para anak yang baru lahir segera dibuatkan akta kelahiran dan dimasukkan kedalam kartu keluarga (KK).

 

"Syarat untuk buat KIA harus ada akta kelahiran dan KK orang tua tentunya," jelasnya.

 

Kata dia, untuk melengkapi berkas anak sangatlah mudah. Pihaknya sudah membuat program pelayanan 3in1.

 

"Orang tua tinggal bawa surat keterangan lahir, dan buku nikah untuk mengurus kesini, nanti bisa  mendapat KK baru, Akte dan KIA," paparnya.

 

Untuk blanko pembuatan KIA, Disdukcapil Kota Bandarlampung telah menyiapkan sebanyak 150 ribu blanko.

 

"Kita cetak blanko sendiri kalau untuk KIA. Untuk KIA diperbolehkan cetak sendiri blanko, karena yang dikirimkan blanko KIA dari pusat baru Metro dan Waykanan," pungkasnya. (acw)

 

 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos