240 Warga akan Ikuti Operasi Katarak di RSUDAM

img
Ilustrasi operasi katarak. Foto Net

Harianmomentum.com-- Sebanyak 240 warga akan mengikuti operasi katarak Jumat (24/11) dan Sabtu (25/11).

 

Program ini merupakan wujud perhatian Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo kepada masyarakat yang tidak mampu dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN).

 

Direktur utama Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUDAM) Heri Djoko Subandriyo mengatakan telah menerima 240 pendaftar pasien pengidap penyakit katarak yang dibuka pendaftarannya sejak 1 Oktober 2017 lalu.

 

"Program ini akan dilangsungkan besok,  mulai pukul 10.00," ujar Heri saat menghadiri Paripurna di DPRD Lampung, Kamis (23/11).

 

Heri menuturkan, selain operasi katarak gratis, gubernur juga menggratiskan deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan IVA dan papsmear bagi guru SMA/SMK di Bandarlampung.

 

Selanjutnya Heri mengajak masyarakat untuk ikut partisipasi menyumbangkan darah pada aksi donor darah yang digelar 25 November di lokasi yang sama yaitu RSUDAM.

 

’’Kami juga mengajak masyarakat ikut menyumbangkan darah pada aksi donor darah yang juga kita selenggarakan serentak,” tutur Heri.

 

Sementara Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo juga mengucapkan terimakasih kepada RSUDAM yang telah mempersiapkan program ini jauh-jauh hari dengan sebaik mungkin.

 

Gubernur meminta RSUDAM mengatur akomodasi bagi peserta operasi katarak yang berdomisili diluar kota Bandar Lampung.

 

Sebagai informasi, Gubernur Lampung melalui RSUDAM telah membuka pendaftaran operasi katarak gratis sejak 1 Oktober hingga 18 November 2017 yang lalu. Setiap peserta harus melewati tiga tahapan yakni pasien harus dipastikan menderita katarak atau bukan berdasarkan surat keterangan dokter puskesmas setempat. (ira)

 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos