Lapangan Perak Tunjang Pelatihan Atlet Softball

img
Sejumlah petugas melepas “police line” pada bangungan fasilitas atlet di Lapangan Perak Wayhalim Bandarlampung.Foto:ist

Harianmomentum.com--Keberadaan Lapangan Perak Wayhalim Bandarlampung sangat penting bagi keberlangsungan atlet Softball dan Baseball.

 

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung Julian Manaf, Minggu (10/12).

 

Menurut Julian, para atlet Softball dan Baseball membutuhkan tempat untuk latihan rutin.

 

Karena itu, dia menilai, rencana direlokasikan Lapangan Perak Wayhalim akan berpengaruh bagi keberlangsungan parta atlet.

 

"Para atlet itu kan membutuhkan tempat untuk latihan, jadi rencana relokasi itu akan sangat berpengaruh buat prestasi para atlet khususnya Softball dan Baseball," kata Julian.

 

Terlebih lagi, dia melihat, prestasi Softball dan Baseball Lampunh sangat gemilang dikancah nasional.

 

Untuk itu, dia menyarankan, perlu adanya komunikasi terkait rencana relokasi tersebut.

 

"Lahan ini kan belum dibangun, mungkin bisa dikomunikasikan dulu. Apalagi prestasi Softball dan Baseball Lampung cukup gemilang, bahkan Baseball Lampung menjadi tolak ukur kekuatan di Tanah Air," ujarnya.

 

Dia menceritakan, Lapangan Perak Wayhalim Bandarlampung telah menjadi pusat latihan atlet Softball dan Baseball sejak tahun 2003.

 

Untuk itu, dia menilai, keberadaan lapangan tersebut sangat penting untuk prestasi kedua cabang olahraga tersebut.

 

"Tempat ini telah menjadi pusat latihan dari tahun 2003 lalu, jadi keberadaannya sangat penting. Buktinya, Baseball menjadi langganan medali bagi kontingen Lampung dengan berturut-turut menyumbang perak di PON 2012 dan PON 2016 dan emas pada Kejurnas 2014. Teranyar, sofbol junior mencatat sejarah dengan membawa pulang perak dari kejurnas 2017 di Makassar," tuturnya.

 

Sebelumnya, Bos PT Hasil Karya Kita Bersama (HKKB) Mintardi Halim alias Aming melalui kuasa hukumnya, Gunawan Raka mengaku tidak menutup kemungkinan merelokasi Lapangan Perak, Wayhalim, Bandarlampung. 

 

Aming sebelumnya mengklaim lahan yang digunakan sebagai lapangan sofbol dan bisbol tersebut adalah miliknya.

 

"Kalau masalah relokasi ke tempat lain, saat ini enggak bahas soal itu. Tapi, nanti kedepannya mungkin ada. Yang jelas, pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial (di areal lapangan sofbol-bisbol) silahkan terus berlanjut," kata Gunawan melalui telepon, Jumat (8/12/2017).

 

Mengenai laporannya ke Polda Lampung terkait lahan tersebut, Gunawan mengaku pihaknya berencana akan mencabutnya. "Persoalan laporan di Polda, sudah koordinasikan dengan prinsipal dari PT, untuk cabut laporan perkaranya seperti apa," jelas Gunawan.

 

Gunawan mengatakan kliennya mengikhlaskan lahan di Lapangan Sofbol-bisbol tersebut untuk dibangun fasilitas sosial. "Ikhlas lahir batin. Sekarang dibangun untuk fasilitas sosial, event kerjurnas. Sempat silang pendapat, tapi kalau untuk fungsi sosial, pemilik ikhlas," kata dia. (adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos