Diskan Lambar Genjot Produksi Ikan Air Tawar

img
Ilustrasi. Foto: istimewa

Harianmomentum.com--Dinas Perikanan (Diskan) KabupatenLampung Barat (Lambar) terus berupaya meningkatkan produksi ikan air tawar. Meski pun saat ini, produksi ikan air tawar di kabupaten itu telah mencukupi kebutuhan komsumsi masyarakat.

Untuk meningkatkan produksi ikan air tawar, Diskan Lambar terus menggulirkan berbagai program unggulan, diantaranya: bantuan benih dan pembibitan.

"Produksi ikan air tawar telah memenuhi kebutuhan komsumsi masyarakat.  Malahan untuk jenis nila sampai dikirim ke luar daerah. Termasuk, Pulau Jawa, tapi kita tidak mau terlena. Kita terus berupaya meningkatkan produksi," kata Kepala Bidang Perdagangan dan Pengendalian Diskan Lambar Relegius Hilman pada harianmomentum.com, Selasa (30/1).

Menurut dia, tahun ini untuk program bantuan bibit pihaknya sudah menyiapkan delapan paket bantuan yang akan dibagikan kepada kelompok tani perikanan dan peorangan. 

 

“Masing-masing paket bantuan bibit itu berisi 400 ekor ikan nila unggulan,” ungkapnya.  

Dia menerangkan, kelebihan bibit unggul ikan nila, diantaranya mudah dalam perawatan dan cepat besar. Sehingga waktu panen juga menjadi lebih singkat, dibanding jenis bibit biasa.

Selain itu, lanjut dia, diskan juga akan meberikan bantuan pembenihan kepada 15 kelompok tani. 

 

“Untuk kelompok calon penerima bantuan pembenihan memang belum kita tetapkan. Yang jelas akan kita fokuskan pada daerah sentra penghasil ikan air tawar: Kecamatan Lombokseminung dan Sumberjaya,”ungkapnya.

Menuru dia, setiap kelompok penerima bantuan pembenihan itu, akan mendapat satu paket berisi 300 ekor benih berukuran 7 centimenter. (lem)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos