Kesbangpol Sosialisasi Pilkada ke Pemilih Pemula

img
Ilustrasi. Ist.

Harianmomentum.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) akan menggelar sosialisasi politik untuk para pemilih pemula. Kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesbangpol, Nursirwan mengatakan, sosialisasi akan digelar di enam sekolah. Sasarannya, para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajat se-Pesisir Barat.


Setiap pertemuan diperkirakan dihadiri 100 pelajar. "Kami memberikan informasi dan pemahaman kepada para calon pemilih pemula pentingnya pilkada," kata dia kepada harianmometum.com, Senin (5/2/2018).


Nursirwan mengungkapnkan, kegiatan ini  untuk memperkenalkan mekanisme pemilihan kepala daerah serta menumbuhkan tanggung jawab pelajar 17 tahun ke atas akan hak pilih mereka.


"Indeks demokrasi di Pesibar tergolong sedang. Indikator yang mempengaruhi adalah suara tidak sah, golongan putih (golput), aspirasi masyarakat yang kurang dengan pentingnya hak pilih. Kami berharap, sosialisasi ini dapat menanamkan pentingnya hak suara," kata dia. 


Sosialisasi melibatkan instansi terkait seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). (ags).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos