Bupati Agung Laporkan Dugaan Ujaran Kebencian di Facebook

img
Akun Facebook Menuju Lampung Utara 1 BE1J. Foto. Ist.

Harianmomentum.com - Bupati Lampung Utara (Lampura) Agung Ilmu Mangkunegara melaporkan dugaan pencemaran nama baik dan ujaran kebencian yang dilakukan beberapa oknum di akun grup facebook "Menuju Lampung Utara 1 BE1J".


Kuasa Hukum Agung, Rozali Umar menjelaskan, dalam grup facebook beranggotakan 64.326 akun tersebut, terdapat kalimat-kalimat yang mengandung ujaran kebencian. Kalimat itu ditujukan kepada Bakal Calon Bupati Lampura dan Wakilnya Budi Utomo.


Rozali menjelaskan, pihaknya baru memberikan laporan informasi (LI) kepihak kepolisian, belum memberi laporan secara resminya. "Secara lisan kami sudah melapor, tapi hanya semacam LI dan sudah kita koordinasikan dengan petugas," kata Rozali di Mapolda Lampung, Senin (5/2/18).


Menurut dia, pihak kepolisian berjanji akan menindak lanjuti masalah ini.  "Tapi pihak kepolisian hendak koordinasi terlebih dulu dengan Gakkumdu. Karena saat ini sudah masuk tahapan Pilkada, kebetulan klayen kita ini bakal calon kepala daerah di Lampura," jelasnya.


Setelah ada informasi selanjutnya dari petugas, pihaknya segera memberikan laporan resminya. "Dalam minggu inilah kita akan menghantarkan laporan resmi kita," ujarnya. 


Dia mengatakan, tujuan melaporkan masalah ini, agar ada rasa saling menghargai diantara masyarakat. 


"Walaupun setiap orang beda pilihan, namun tidak perlulah mengeluarkan kata kata bermuatan ujaran kebencian," terangnya.


Dia menjelaskan, dalam grup itu ada beberapa oknum yang sengaja menuliskan kalimat-kalimat yang mencemarkan nama baik klayennya.


"Sementara ini, yang terdata oleh kita ada lima orang yang menulis ujaran kebencian. Kelimanya tersebutlah yang akan kita laporkan," ungkapnya.


Sayangnya, Rozali masih belum mau menyampaikan nama serta kalimat kelima oknum yang diduga melanggar Undang-undang ITE tersebut. (acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos