Pemkab Lamsel Tutup PT San Xiong Steel Indonesia

img
Wakil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meninjua pabrik peleburan besi PT San Xiong Steel Indonesia

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) akhirnya menutup PT San Xiong Steel Indonesia. Perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha peleburan besi itu beralamat di Jalan Trans Sumatera, KM 23 Desa Tarahan, Kecamatan Katibung Lamsel.


Kebijakan penutupan itu disamapikan langsung Wakil Bupati (wabup) Lamsel Nanang Ermanto setelah berkunjung ke lokasi pabrik, Selasa, (13/2 ).

 

“Pada intinya perusahaan langsung kita tutup hari ini. Tenaga kerja asing di sana disuruh berhenti. Perusahaan tidak boleh beroperasi, sebelum kesejahteraan, keselamatan tenaga kerja, terutama masalah perizinan, termsuk izin untuk tenaga kerja asing dipenuhi,” kata wabup.


Wabu mengatakan, dari hasil peninjauan, pabrik tersebut belum layak untuk beroperasi, bisa memicu banyak masalah, bahkan bencana. "Waduh, sangat luar biasa, itu bukan musibah, tetapi bencana, sudah berkali-kali terjadi,” kata Nanang.

Menurut informasi, sejak pabrik itu beroperasi, sering terjadi kecelakaan kerja. Para pekerja mengaku, tidak dibekali kelengkapan kerja standar keamanan dalam proses peleburan besi.

 

Terakhir, seorang karyawan bernama Idris, luka bakar pada bagian wajah dan dada, akibat terkena semburan api dan besi panas, Minggu (11/2) . 

Wabup Lamsel Nanang Ermanto bersama Kepala Disnakertrans Lamsel Syahlani sempat menjenguk Idris yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Immanuel, Bandarlampung, Senin malam (12/2). (alp)

 

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos