80 Persen Pasar Natar Terbakar

img
Kebakaran di Pasasar Natar Lampung Selatan. Foto. Ist.

Harianmomentum.com - Kebakaran yang melanda Pasar Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu malam (17/2/18) diduga akibat konsleting arus listrik. 


Hampir 80 persen bagian pasar yang terletak di Jalan Lintas Tengah Sumatera itu, terbakar habis. Diperkirakan, kerugian mencapai miliaran rupiah.


Kepala Bidang Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung M Rizki mengatakan, pihaknya menurunkan tujuh unit mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk membantu memadamkan api yang mulai berkobar pada pukul 21.00 WIB hingga 00.00 WIB tersebut.


"Walaupun itu bukan wilayah kami, namun karena diminta bantuan, maka kami turunkan damkar ke sana. Awalnya dua unit, karena saya kira api tidak terlalu besar. Tapi, akhirnya ditambah tiga damkar, lalu diamah lagi dua damkar. Totalnya tujuh damkar BPBD Bandarlampung yanag diturunkan dalam kebakaran semalam," kata Rizki saat diwawancarai, Minggu (18/2/18).


Selain itu, kata dia, ada dua Damkar yang diturunkan Kabupaten Lampung Selatan. "Di Natar hanya ada dua mobil Damkar yang siaga. Ada juga bantuan dari perusahaan tiga unit Damkar. Malam itu ada 12 damkar yang ikut memadamkan api," katanya.


Menurut dia, ada kendala dalam melakukan pemadaman api di pasar tersebut. Yakni jauhnya lokasi pengambilan air. Sehingga damkar sempat kekurangan air.


"Jalannya juga agak sempit. Terus, jauh tempat ngambil air. Akhirnya kita ngambil air dari cucian mobil," tuturnya.


Rizki menjelaskan, informasi dari para pedagang setempat, kerugian mencapai miliaran rupiah. Karena banyak barang dagangan yang terbakar habis.


Soal asal mula api, lanjut Rizki, dari salah satu kabel di bagian pasar yang memercikkan api.


"Semalam kan hujan. Ada pedagang yang melihat kalau salah satu kabel listrik keluar api. Mungkin karena ada bagian kabel yang terkelupas lantas terkena hujan dan menyambar," jelasnya. (Acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos