Wabup Pringsewu Minta Dinsos Aktif Pantau Kondisi Masyarakat

img
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi bermain dengan ular phyton di sela peninjauan kegiatan Nggruput di halaman kantor pemkab setempat.

Harianmoemtum.com--Jajaran Dinas Sosial (dinsos) Kabupaten Pringsewu diminta lebih aktif melihat kondisi sosial masyarakat secara langsung. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati (wabup) Fauzi di sela kegiatan Nggruput alias Minggu Mruput.


Kegiatan olahraga pagi dan berburu kuliner tradisional itu, digelar di halaman kantor pemerintah daerah setempat, Minggu (18/3).   


“Jangan sampai jika ada permasalahan sosial di masyarakat,  justru orang lain yang melapor atau mencuat ke mana-mana.  Dinsos harus lebih aktif memantau kondisi sosial masyarakat,” pintanya.     


Dia juga mengingatkan aparatur pekon (desa), agar terus memperkuat koordinasi dan sinegeri dengan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyelesaikan berbagai kendala program pembangunan.


"Aparat pekon, jangan hanya menunggu datangnya program atau bantuan saja. Harus lebih aktif berkoordinasi dengan OPD, sebab pemkab tidak mungkin akan tahu secara langaung kondisi masyarakat, tanpa informasi dari aparat pekon," imbaunya.


Wabup juga menyampaikan, menemukan rumah warga yang sudah tidak layak huni Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo. 


“Kemarin saat keliling, saya menemukan rumah warga yang kondisinya sangat mendesak untuk dibantu penanganan.Hal ini sebenarnya kepedulian masyarakat sekitar juga perlu ditingkatkan, terlebih aparat pekonnya," terangnya.


Terpisah Kepala Dinsos Pringsewu Arif Nugroho mengatakan, pihaknya rutin memberikan laporan ke pemkab terkait permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. 


“Kita rutin memantu melalui para Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan petugas Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT). Jika ada masalah, langsung kita laporkan dan kita tangani,” ungkapnya. (lis)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos